Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
 
 

Jumat, 21 Juni 2013

Gubsu Harapkan RPJMD 2014-2018 Dikoordinasikan ke Publik

Medan, 20/6 - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengharapkan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2014-2018 yang telah disusun bisa dikonsultasikan dan dikoordinasikan ke publik.

Harapan itu disampaikan Gubsu melalui Sekretaris Daerah Provsu H Nurdin Lubis SH MM saat membuka Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Provinsi Sumut Tahun 2014-2018 di Grand Angkasa Hotel Medan, Kamis (20/6).

“Tujuan penyusunan RPJMD ini adalah untuk memadukan proses politik dan proses partisifatif dengan bottom-up planning, yaitu mensinergikan visi dan misi, serta program kepala daerah dan wakilnya dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat,” ujar Gubsu.

Gubsu juga menginginkan penyusunan RPJMD ini bisa dilakukan lebih terintegrasi dan terkoordinasi satu sama lain, khususnya dalam perencanaan pembangunan ekonomi, sosial, budaya, kelestarian lingkungan hidup, dan penataan ruang.

“PenyusuNan tersebut diupayakan mengedepankan prinsip business not as usual, memiliki daya saing, efektif dan efisien, pelayanan publik yang prima, dan meningkatnya pastisipasi ABGc, yaitu academic, business, government, and community,” ungkap Gubsu.

Selain prinsip di atas, Gubsu juga mengharapkan penyusunan program prioritas rancangan awal RPJMD ini bisa diselaraskan dengan 14 prioritas pembangunan nasional, dan 9 prioritas pembangunan daerah Provinsi Sumut.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Sumut Ir Riadil Akhir Lubis MSi menjelaskan, setelah konsultasi publik RPJMD ini selesai, maka akan dilaksanakan Musrenbang pada sekitar awal Juli 2013.

Karenanya, Riadil sangat berharap pelaksanaan konsultasi publik yang bertujuan untuk melakukan penjaringan aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap program pembangunan daerah pada tahun 2014-2018, bisa terlaksana secara maksimal.

“Jadi konsultasi publik ini sebagai rumusan sementara program pembangunan daerah lima tahun ke depan,” kata Riadil.

Dari kegiatan ini, Riadil juga berharap ada masukan dan saran dari peserta untuk penyempurnaan draft rancangan awal RPJMD Provinsi Sumut Tahun 2014-2018, disamping sebagai dasar penyusunan rancangan Rencana Strategis (Renstra) SKPD.

Kegiatan konsultasi publik ini diikuti oleh seluruh kepala bappeda se Sumut, sejumlah unsur perguruan tinggi di Sumut, perwakilan Bank Indonesia cabang Medan, unsur BUMN/BUMD, unsur DPRD Sumut, dan kelompok strategis lainnya.

(Humas Pemprovsu)-(ER)


Berita ini sudah dibaca sebanyak 185 kali
----------

5 PERINTAH HARIAN GUBSU

1. Perkokoh iman, Jaga Etika dan Perkuat Soliditas Korps Pegawai Negeri Sipil;

2. Junjung Tinggi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, serta Pertahankan Netralitas;

3. Cintai Perkerjaan, Taat Prosedur, Patuhi Hukum dan Disiplin Waktu;

4. Ramah dan Bersahabat Dalam Melayani Masyarakat;

5. Hidup Bersahaja, Cintai Keluarga dan Menjadi Motivator di Tengah Masyarakat;
lakip
lakip
pergub pupuk

LINK TERKAIT

polri
indonesia
depdagri
mempan
kemkominfo
bappenas
kpu
lakip
bps
bkkbn
kip
dprdsu

CARI BERITA

 
 

©2003 - 2010 Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprovsu. All right reserved. For any comments or questions please contact us