Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
 
  Untitled Document

KOTA PEMATANG SIANTAR

A. PANDANGAN UMUM
Kota Pematang Siantar terletak diantara 2º54'40'' - 3º01'09'' LU dan 99º01'10''-99º06'23'' BT. Posisi Kota Pematang Siantar ada dibagian Timur Propinsi Utara pada ketinggian tempat 400 m diatas permukaan laut dan kondisi wilayah relatif bergelombang. Luas wilayah Kota Pematang Siantar 79,971km² secara administratif terdiri dari 6 Kecamatan dan 43 Kelurahan dengan jumlah penduduk 241.480 jiwa.

B. SARANA DAN PRASARANA
Di Kota Pematang Siantar terdapat 2 jenis transfortasi darat yaitu angkutan jalan raya dan kereta api. Disamping itu juga telah tersedia sarana dan prasarana listrik, telekomunikasi dan air bersih.

C. IDENTIFIKASI BIDANG USAHA POTENSIAL
Industri
Sektor Industri yang menjadi tulang punggung perekonomian Kota Pematang Siantar adalah industri besar dan sedang. Hasil industri andalan Kota Pematang Siantar adalah rokok putih filter dan non filter serta tepung tapioka. Produksi tepung tapioka di Kota Pematang Siantar tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, namum juga di ekspor ke luar negeri. Sementara ini Taiwan menjadi negara tujuan penjualan tepung tapioka yang diproduksi Kota ini.

Kawasan Perdagangan dan Bisnis
Kekuatan daerah yag dimiliki Kota Pematang Siantar terkonsentrasi pada perdagangan dan jasa serta Kota transit wisata. Sektor perdangan yang menjadi andalan perekononiam Kota Pematang Siantar di samping sektor industri mengalami pertumbuhan dalam kontribusi terhadap perekonomian daerah. Sebagai Kota perdangan, secara geografis Kota Pematang Siantar diapit Kabupaten Simalungun yang memiliki kekayaan Perkebunan karet, sawit, the dan pertanin. Kota ini juga menghubungkan jalan darat ke Kabupaten-kabupaten lainnya, seperti Toba Samosir, Tapanuli Utara dan Tapanuli Selatan. Sudah barang tentu, posisinya sangat strategis sebagai Kota transit perdangangan antar Kabupaten atau Transit wisata ke Danau Toba Parapat. Usaha yang selayaknya dilakukan Pemda Kota Pematang Siantar untuk mengembangkan potensi disektor perdangangan adalah membangun pasilitas perdagangan atau pusat bisnis serta menyinergikan kebijakan-kebijan Pemerintahannya dengan Pemda Kabupaten Simalungun.

Hasil buah-buahan
Kota Pematang Siantar yang dikelilingi Kabupaten Simalungun memiliki banyak keuntungan. Hasil perkebunan inisalnya karet, sawit, teh sedangkan hasil pertanian lain inisalnya dari buah-buahan (salak dan rambutan). Produksi buah-buahan yang tidak tahan lama ini perlu mendapatkan perlakukan khusus berupa pengawetan.

D. BIDANG USAHA UNGGULAN LAYAK DIKEMBANGKAN
1. PENGOLAHAN BUAH TERPADU.
2. KAWASAN PUSAT BISNIS (CENTRAL BUSINESS DISTRICT)
3. PABRIK TEPUNG TAPIOKA

 
 

©2011 - 2012 Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprovsu