Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
 
  Untitled Document

KOTA PADANGSIDIMPUAN

A. PANDANGAN UMUM

Kota Padangsidimpuan merupakan hasil penggabungan Kecamatan Padangsidimpuan Utara dan Padangsidimpuan Selatan yang sebelumnya masuk wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan. Kota Padangsidimpuan dikelilingi oleh Kabupaten Tapanuli Selatan, jadi semua wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten tersebut. Luas wilayah Kota Padangsidimpuan adalah 11.465,66 Ha atau 114,65 Km². Secara administratif Kota Padangsidimpuan terdiri dari 5 Kecamatan 20 Kelurahan dan 58 Desa dengan jumlah penduduk 166.279 jiwa.

B. SARANA DAN PRASARAN
Kota Padangsidimpuan tersedia sarana dan prasarana transportasi darat, laut, disamping itu tersedia pula sarana dan prasarana listrik, telekomunikasi dan air bersih.

C. IDENTIFIKASI BIDANG USAHA POTENSIAL

Pusat Pelayanan Jasa Perdagangan dan Bisnis.
Padangsidimpuan merupakan pusat perdagangan untuk menampung dan menjadi tempat pemasaran hasil-hasil pertanian kawasan Batang Toru dan sekitarnya, kawasan Sipirok, Gunung Tua dan sekitarnya serta kawasan Angkota Jaya dan sekitarnya.

Hasil Pertanian
Hasil buah di Kota Padangsidimpuan cukup banyak, terutama kolang-kaling yang tersedia sampai 100 ton perhari dan ada sepanjang tahun, di samping ada juga buah salak. Pengolahan yang bias dilakukan misalnya pengalengan buah, apalagi bahan bakunya memiliki harga yang cukup murah. Salah satu contoh yang dapat dikelola adalah bagaimana buah salak yang selama ini dikenal sebagai simbol Kota Padangsidimpuan tetap dapat dipertahankan lainnya adalah karet dan ubi kayu.

Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Mandailing Natal dijadikan sebagai bahan baku industri pengolahan karet ini. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas produk turunan dari karet.

Industri
Pengembangan industri merupakan salah satu bentuk upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Padangsidimpuan. Secara selektif jenis industri yang relatif mudah dikelola adalah industri hasil pertanian, kerajinan dan industri rumah tangga industri pertanian tentu dapat menjadi prioritas utama mengingat adanya daya dukung pertanian rakyat dan perusahaan pertanian yang ada disekitarnya. Hasil dari industri ini diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi hasil-hasil pertanian rakyat atau bahkan industri yang berskala lebih besar dan modern.

Bidang Usaha Jasa Pergudangan dan Perkantoran
Fasilitas pergudangan di Kantor Padangsidimpuan masih tersebar di inti kota. Direncanakan akan diperluas sepanjang jalan ring road Kota Padangsidimpuan, yaitu dari Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru menembus ke Kecamatan Padangsidimpuan Batumadua dan keluar di Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara atau sebaliknya.

D. BIDANG USAHA UNGGULAN LAYAK DIKEMBANGKAN

PENGOLAHAN BUAH TERPADU
Tanaman buah-buahan khas tropis semestinya mengalami perkembangan produksi yang cukup berarti, baik untuk dikonsumsi dalam bentuk segar maupun untuk industri pengolahan. Apalagi beberapa investor belakangan ini juga mulai berminat untuk terjun dalam pengusahaan buah-buahan, termasuk yang terintegrasi dengan pabriknya. Industri pengolahan bahan-bahan local menjadi produk berkualitas ekspor telah ada dan umumnya tersebar di daerah-daerah yang merupakan sentral bahan bakunya. Industri pengolahan buah-buahan yang memproses buah untuk dikalengkan (canning), di "Juice" kan, di "Fruit Concentrate" kan, serta sebagian dibuat jam atau selai dan ada juga yang dikeringkan (keripik nangka, kentang dan sebagainya) cukup banyak namun jumlah buah yang diproses tersebut masih relatif kecil bila dibandingkan dengan produksi buah yang hanya dilakukan melalui penanganan segar.

PABRIK TEPUNG TAPIOKA
Di Indonesia ubi kayu dimakan dalam berbagai bentuk masakan setelah dikukus, dibakar, digoreng, diolah menjadi berbagai macam panganan atau diragikan menjadi tapai dan lain-lain. Tepung tapioca merupakan produk dehidrasi dari ubi kayu segar, yang penggunaannya sangat beragam, baik untuk industri makanan maupun jenis industri lainnya.

INDUSTRI OLEOKIMIA
Pengolahan industri oleokimia dipilih sebagai bidang usaha yang layak dikembangkan karena disekitar Kota Padangsidimpuan terdapat banyak Kebun dan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit.

 
 

©2011 - 2012 Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprovsu