Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
 
  Untitled Document

KABUPATEN TAPANULI TENGAH

A. PANDANGAN UMUM
Kota Tapanuli Tengah secara geografis terletak diantara 98º 07 - 98º 12' Bujur Timur dan 1º 11' - 2º 22' Lintang Utara. Kabupaten Tapanuli Tengah secara administrative terdiri dari 15 Kecamatan dengan 145 Desa dan 15 Kelurahan. Luas wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah adalah 2.194,98 Km² atau 219.498 Ha, dengan jumlah penduduk 290.545 jiwa.

B. SARANA DAN PRASARAN
Di Kabupaten Tapanuli Tengah sarana dan prasarana yang tersedia adalah transportasi darat, laut, perhubungan udara serta fasilitas seperti listrik, telekomunikasi dan air bersih.

C. IDENTIFIKASI BIDANG USAHA POTENSIAL

POTENSI SUMBER DAYA KOMDITI
Sektor-sektor yang berpotensi untuk dikembangkan di Kabupaten Tapanuli Tengah yaitu sektor perkebunan, perikanan, industri dan pariwisata.

Sektor Perkebunan
Dari sektor perkebunan komoditi yang cukup diusahakan di Kabupaten Tapanuli Tengah adalah karet, kelapa, kakao dan kelapa sawit. Total luas pertanaman karet rakyat mencapai 32.218 Ha, tanaman kelapa 7.100 Ha, tanaman kepala sawit 1.805 Ha dan kakao 1.519 Ha.

Sektor Perikanan
Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki banyak wilayah Kecamatan yang memiliki pantai dan laut seperti Kecamatan Sibolga, Barus, Tapian Nauli, Sorkam dan Lumut. Pada wilayah tersebut terdapat potensi untuk pengembangan penangkapan ikan, budidaya laut maupun budidaya pantai seperti tambak. Dari porduksi ikan di Kabupaten ini terlihat bahwa produksi ikan hasil tangkapan laut menempati lebih dari 90% produksi ikan di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Sektor Pariwisata
Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki pantai dan laut yang potensial untuk wisata terutama wisata alam dan wisata bahari. Wilayah yang potensial untuk pengembangan wisata tersebut adalah Kecamatan Sibolga dan Barus. Beberapa kegiatan wisata yang dapat dikembangkan seperti memancing menikmati keindahan alam.

D. BIDANG USAHA UNGGULAN LAYAK DIKEMBANGKAN
Dari analisis potensi dan memperhatikan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, maka komoditi unggulan yang akan dijadikan profit komoditi ialah :
- Industir Crumb Rubber (Pengolahan Karet)
- Tambak udang
- Ikan Kerapu
- Hatchery Udang
- Tepung Ikan
- Wisata Bahari
- Industri Pengalengan Ikan

 

 

 
 

©2011 - 2012 Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprovsu