Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
 
  Untitled Document

KABUPATEN TAPANULI UTARA

A. Pandangan Umum

Kabupaten Tapanuli Utara secara geografis terletak diantara 1° 20' - 2° 41' Lintang Utara dan 98° 05 - 99° 15' Bujur Timur, Kabupaten Tapanuli Utara secara administratif terdiri dari 16 kecamatan dengan 213 desa dan 11 kelurahan, luas wilayah 364.557.79 Ha, jumlah penduduk sebanyak 155.648 jiwa.

B. Sarana Dan Prasarana

Kabupaten Tapanuli Utara memiliki sarana dan prasarana transportasi darat disamping itu tersedia sarana dan prasarana lain seperti listrik, telekomunikasi dan air bersih. Hampir seluruh kecamatan diKabupaten Tapanuli Utara telah memiliki listrik PLN, namun untuk air minum baru beberapa kecamatan.

C. Identifikasi Bidang Usaha Potensial

Potensi Sumber Daya Komoditi
Sektor-sektor yang berpotensi untuk dikembangkan di Kabupaten Tapanuli Utara yaitu sektor industri dan pertanian.

Tanaman Pangan
Beberapa jenis tanaman pangan diusahakan di Kabupaten Tapanuli Utara seperti padi, jagung, kacang tanah, ubi jalar dan ubi kayu.

Tanaman Buah- buahan
Tanaman buah-buahan yang produksinya besar di daerah ini adalah nenas, jeruk dan durian. Terutama nenas dan jeruk produksinya cukup besar untuk pasokan industri pengolahan buah.

Tanaman Perkebunan
Komoditi perkebuana yang banyak diusahakan masyarakat Tapanuli Utara diantaranya adalah kopi, karet dan kemenyan.

Perternakan
Jenis ternak yang diusahakan di Tapanuli Utara adalah kerbau, babi dan itik. Populasi ternak babi cukup menonjol di daerah ini dan perkembangannya dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk mengusahakan ternak tersebut cukup besar karena didukung oleh kondisi dan lingkungan daerahnya.

Pertambangan
Beberapa bahan tambang yang potensial untuk dieksploitasi di Kabupaten Tapanuli Utara antara lain batu gamping, felspar, belerang, kalsit, kaolin, oker, zeolit, lempung dan mika. Hasil studi Badan Geokimia dan Informasi Mineral diperoleh beberapa potensi sumber daya mineral yang tersebar di Kabupaten Tapanuli Utara.

Pariwisata
Salah satu objek wisata yang potensial di Kabupaten Tapanuli Utara adalah wisata alam Salib Kasih. Beberapa potensi wisata lainnya di kabupaten ini cukup diminati terlihat dari kunjungan wisatawan yan setiap tahunnya terus meningkat.


D. Bidang Usaha Unggulan Layak Dikembangkan

Dari analisa potensi dan memperhatikan prioritas pembnagunan daerah kabupaten Tapanuli Utara, maka komoditi unggulan yang layak dijadikan komoditinya ialah:

- Industri Pengolahan Buah
- Pengolahan Kopi
- Ternak Babi
- Wisata Alam Salib Kasih
- Pertambangan

 
 

©2011 - 2012 Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprovsu