Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
 
  Untitled Document

KOTA TANJUNG BALAI

A. PANDANGAN UMUM
Kota Tanjung Balai terletak di antara 2º58' Lintang Utara dan 99º48' Bujur Timur. Posisi Kota Tanjung Balai berada di wilayah Pantai Timur Sumatera Utara pada ketinggian 0-3 m di atas permukaan laut dan kondisi wilayah relatif datar. Kota Tanjung Balai secara administratif terdiri dari 5 Kecamatan, 19 Desa dan 11 Kelurahan. Luas wilayah Kota Tanjung Balai 6.052 Ha (60,52 km²)

B. SARANA DAN PRASARANA
Di Kota Tanjung Balai terdapat sarana dan prasarana transportasi darat berupa jalan dan kereta api, listrik, telekomunikasi dan air bersih.

C. IDENTIFIKASI BIDANG USAHA POTENSIAL
Kontribusi terbesar bagi perekonomian Kota Tanjung Balai diberikan oleh sektor pertanian, yaitu 28, 67% dari total PDRB. Peringkat kedua diduduki oleh sektor industri pengolahan (21,30%) dan ketika oleh sektor perdagangan, hotel dan restoran (16,92%). Dengan melihat besarnya kontribusi ketiga sektor ini, maka wajar bila bidang usaha di sektor-sektor tersebut layak untuk dikembangkan.

Perikanan
Kegiatan ekonomi yang menonjol di Kota Tanjung Balai adalah perikanan. Uniknya, Tanjung Balai sebagai kota yang tidak punya laut mampu menghasilkan ikan puluhan ribu ton tiap tahunnya. Produksi perikanan mencapai 34.215 ton per tahun.

Pelabuhan Teluk Nibung
Pelabuhan Teluk Nibung menjadi alternatif jalur perdagangan bagi daerah Sumatera Utara yang sulit menjangkau Pelabuhan Belawan. Teluk Nibung lebih dekat ke Singapura dan Malaysia, maka tidak eran kalau banyak sayur-mayur dan ikan segar pilihan yang diekspor melalui Pelabuhan ini langsung ke Malaysia dan Sigapura.
Pusat Pelayanan Jasa Perdagangan
Kontribusi sektor perdagangan, hotel dan restoran di Kota Tanjung Balai terhadap PDRB mengalami peningkatan terus tiap tahunnya. Peningkatan ini diperkirakan karena makin tinggi pula aktipitas perdagangan masyarakat.

D. BIDANG USAHA UNGGULAN LAYAK DIKEMBANGKAN
Berdasarkan uraian tentang potensi unggulan yang ada di Kota Tanjung Balai, hasil pengamatan di lapangan dan usulan dari pemerintah Kota Tanjung Balai, maka dapat diidentifikasikan beberapa bidang usaha unggulan yang layak untuk dikembangkan yaitu :
a. Fasilitas pergudangan pelabuhan
b. Kawasan pusat bisnis (central business district/CBD)
c. Kawasan industri
d. Pabrik pengolahan tepung ikan

 
 

©2011 - 2012 Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprovsu