Artikel

12MEI2022

Buka Seleksi Petugas Haji Daerah, Afifi Lubis Harapkan Para Petugas Jadi Duta Sumut

MEDAN, 12/5 - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Afifi Lubis membuka kegiatan seleksi calon petugas haji daerah (PHD) Provinsi Sumut tahun 1443 H/2022 M, di Saka Hotel, Jalan Gagak Hitam Medan, Kamis (12/5).  Sebanyak 36 peserta yang mengikuti seleksi yang nantinya akan dipilih 20 orang yang lolos sebagai PHD Sumut.

 

Afifi Lubis mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyiapkan PHD yang handal, profesional, berilmu, terampil, penuh dedikasi dan mandiri, untuk dapat melayani jemaah haji tahun 1443 H/2022 M. Para PHD juga diharapkan menjadi duta Sumut untuk membawa nama baik daerah ini, serta memiliki tanggung jawab moral, agar seluruh jemaah dapat melaksanakan hajinya secara baik dan benar.

 

"Patut juga saya sampaikan bahwa tahun ini pemerintah daerah hanya mengutus dua layanan yakni layanan umum dan kesehatan, itu artinya bahwa tugas saudara sangat serius dan berat, apalagi kita baru melewati masa-masa sulit dengan wabah yang menempa kita yakni covid-19," katanya.

 

 

Afifi juga mengingatkan pada PHD, untuk tetap semangat dan terus berdoa agar jangan ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada jemaah haji Sumut. Kesuksesan kegiatan haji pada tahun ini sangat ditentukan juga dengan kondisi kesehatan jemaah. Jangan sampai terjadi klaster baru baik di Arab Saudi nantinya maupun setelah kepulangan ke Tanah Air.

 

"Karena itu adalah hal yang sangat penting sebagai pertimbangan bagi Pemerintah Arab Saudi, sehingga tahun depan kuota kita normal kembali," katanya.

 

Peserta mengikuti tahapan seleksi yang dimulai dengan  tahapan administrasi, ujian CAT dan terakhir seleksi wawancara yang dilakukan oleh Tim Seleski Pemprov Sumut, Kemenag dan MUI Sumut.** (H14/DISKOMINFO SUMUT)-(RV)