Artikel

24JUN2014

Gubsu Hibahkan Rp 500 Juta Untuk Tim Horas USU

Medan, 23/6 - Sebagai apresiasi atas prestasi Tim Horas USU, Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi menjanjikan dana hibah Rp 500 Juta kepada tim yang menggagas mobil hemat energi. Selain hibah, secara pribadi Gubsu juga memberikan tali asih Rp 50 juta bagi Tim Horas yang beberapa waktu lalu meraih juara Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2014 di Manila, Filipina.

Apresiasi dan dukungan kepada mahasiswa Fakultas Teknik USU yang tergabung dalam Tim Horas USU disampaikan Gubsu saat bertemu ramah dengan 30 mahasiswa dan dosen di Rumah Dinas Gubsu, Jl Sudirman No. 41, Medan, Senin (23/6).

Untuk hibah Rp 500 juta, Gubsu memerintahkan Biro Keuangan segera mengusulkan anggarannya di APBD-P terdekat. Dana ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk penelitian, pengembangan dan inovasi mobil hemat energi yang sangat bermanfaat untuk masyarakat.

"Sebagai apresiasi saya pribadi saya akan memberikan Rp 50 juta. Dan dari Pemrovsu tolong Kepala Biro Keuangan untuk segera mengusulkan anggaran di APBD-P untuk hibah ke Tim Horas," perintah Gubsu kepada Kepala Biro Keuangan Pemprovsu Ahmad Fuad yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Manager Umum Tim Horas Amma Muliya Romadoni dalam kesempatan menuturkan perjalanan timnya. Dari sekadar ide hingga berhasil mewujudkan mobil hemat energi di kancah internasional. Mobil Horas mulai dirancang secara mandiri pada 2011 oleh mahasiswa Teknik Mesin USU.

Di tengah keterbatasan, tahap demi-tahap mobil rancangan mereka mengikuti berbagai ajang. Puncaknya meraih juara dalam ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2014 di Manila, Filipina.Mobil Horas USU menyabet juara 1 dan juara 2 dalam lomba mobil rakitan teririt yang diikuti oleh 15 negara dari Asia dan Timur Tengah.

"Kedepannya kami berharap kembali berprestasi di Manila tahun 2015. Mohon doa dan dukungan terkhusus kepada pak Gubernur," ujarnya.

Tim Horas juga kedepan akan berencana mendukung program pemerintah membuat mobil nasioanal. Namun untuk saat mereka sedang menggagas sebuah mobil ramah dan irit bahan bakar yang bisa beroperasi di sekitar kampus USU.

Di akhir pertemuan Gubsu didampingi Pembantu Rektor III USU Drs Rajabongsu Hutagalung MSi bersama Dekan Fakultas Teknik USU Prof Dr Bustami Syam dan pembimbing Tim Horas Dr Himsar Ambarito memberikan sertifikat kepada ke 30 Tim Horas USU. Hadir mendampingi Gubsu, Asisten Ekonomi Pembangunan Provsu R Sabrina, Kadis Kominfo Provsu Jumsadi Damanik, Kepala Badan Kesbanglinmas Provsu Eddy Sofyan, Kepala Biro Keuangan Provsu Ahmad Fuad dan kepala Biro Binkessos Provsu Muhammad Yusuf.

(Humas Pemprovsu)-(Er)