Artikel

17AGT2022

Ikuti Peringatan Detik-detik Proklamasi Secara Virtual, Edy Rahmayadi : Tugas Anak Bangsa Menjaga Keutuhan NKRI

MEDAN, 17/8 - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak generasi penerus bangsa untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar tidak terpecah belah, sehingga  masyarakat dapat hidup dengan aman, nyaman  dan damai. 

 

Demikian disampaikan Gubenur Edy Rahmayadi usai mengikuti prosesi Peringatan Detik-detik Proklamasi yang berlangsung di Istana Negara Jakarta, secara virtual dari Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (17/8).

 

Turut hadir Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I /BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kajati Sumut Idianto, Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, dan Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari  dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumut.

 

 

Dikatakan Gubenur, bangsa Indonesia telah diberikan anugerah sebagai negara yang majemuk dengan beragam budaya, agama, bahasa, dan adat istiadat. Kemajemukan ini menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia untuk tetap menjaga keutuhan agar terhindar dari bahaya perpecahan. “Kemajemukan Indonesia adalah sebuah kekuatan besar untuk menangkal semua gangguan dan ancaman yang berupaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

 

Untuk itu, Gubernur berharap di usia Indonesia yang ke-77 tahun ini  menjadi momentum menggelorakan jiwa nasionalisme dan patriotisme bagi generasi muda untuk menerapkan semangat para pahlawan dalam menjaga keutuhan NKRI.

 

Sebelumnya, dalam upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia.

 

Upacara dilakukan tepat pukul 10.00 WIB yang ditandai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali diikuti bunyi sirine selama satu menit. Setelah itu dilanjutkan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti.

 

Usai pembacaan teks Proklamasi, pembacaan doa dilakukan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, selanjutnya dilakukan prosesi pengibaran bendera Merah Putih oleh Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Salah satunya berasal dari Sumut, yaitu Mario Adhiyaksa Sihombing yang bertugas sebagai pembentang bendera. Adyaksa Sihombing pelajar SMAN 1 asal Kota Padangsidimpuan, lulus seleksi sebagai Paskibraka tingkat nasional tahun 2022.  **(H20/DISKOMINFO SUMUT)-(RV)