Artikel

22DES2014

KAI Sumut Siapkan 14.000 Kursi Untuk Natal

Medan, 21/12 - Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera bagian utara menyiapkan 14.000 tempat duduk atau "seat" per hari untuk keperluan Natal dan Tahun Baru tahun ini.

"Masih seperti tahun lalu alias tidak ada penambahan mengingat tahun 2013, saat puncaknya isian penumpang masih 11.000 per hari," kata Kepala KAI Divre I, Sumbagut, Saridal di Medan, Minggu.

Didampingi Humas KAI Sumbagut, Jaka Jakarsih, dia menyebutkan, dengan kapasitas 14.000 "seat" sementara isian 11.000 "seat" maka masih ada cadangan kursi 3.000 lagi.

Jumlah cadangan itu dinilai cukup aman, karena penumpang di libur Natal/Tahun Baru di Sumut juga tidak seramai di Jawa.

"Rata-rata semua kelas masih tersedia banyak. Kecuali untuk tanggal 4 Januari 2015 kelas ekonomi dari Tanjung Balai ke Medan sudah habis terjual," katanya.

Mengacu pada kondisi itu, ujar Saridal, jadinya, manajemen hanya menambah pengamanan agar kenyamanan penumpang semakin terjaga.

Keamanan dimaksimalkan dengan menggunakan pihak pengaman PT KAI, walau tentunya tetap berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat.

Mengenai, tarif kereta api di Natal/Tahun Baru, menurut Jaka, tidak ada kenaikan. Tarif tiket kereta api ekonomi misalnya Rp 20.000 per orang/tiket, bisnis Rp 120.000, eksekutif Rp 150.000.

Tarif baru sesuai keputusan Pemerintah dimana tarif kereta ekonomi tanpa subsidi mulai akan diberlakukan mulai 2015.

Anggota DPD Sumut, Parlindungan Purba meminta semua perusahaan angkutan darat, laut dan udara menyiapkan angkutan dan termasuk layanan yang memadai untuk Natal dan Tahun Baru.

Selain kapasitas, yang perlu diperhatikan adalah kelaikan angkutannya, supir dan termasuk tarif.

"Jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan lonjakan permintaan kursi angkutan pada hari besar keagamaan," katanya.

(Antara)-(DT)