Artikel

24JUN2014

Museum Harus Melakukan Penyegaran Agar Makin Menarik

Medan, 23/6 - Untuk meningkatkan daya tarik museum di tengah masyarakat dan terutama untuk generasi muda, museum dituntut terus melakukan penyegaran program dan penataan ruangan. Dengan daya tarik yang kian meningkat, museum sebagai pendukung sarana pendidikan juga rekreasi akan semakin dibutuhkan.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengungkapkan hal itu saat meresmikan ruang pameran tetap di Lantai II Sisi Timur Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara, Jl Museum, Medan, Senin (23/6). Menurutnya, museum adalah salah satu institusi penting, tidak hanya untuk pelestarian warisan budaya bangsa tetapi juga berperan penting  untuk pembinaan dan pengembangan karakter bangsa. Dengan beragam koleksi yang dimiliki, museum dapat membangkitkan rasa optimisme, percaya diri dan kepribadian bangsa.

"Dengan mengetahui sejarah, maka kita akan menjadi bangsa yang unggul dan kuat menuju Indonesia yang maju dan bermartabat di abad ke 21 ini. Perlu disiapkan sumber daya manusia khususnya generasi muda yang pintar dan inovatif serta mempunyai semangat juang yang tinggi juga dapat bersaing di dunia global," kata Wagubsu.

Sebelumnya Panitia Pelaksana Kepala UPT Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara Sri Hartini menjelaskan, Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara didirikan tahun 1982 sebagai pusat Rekreasi Kebudayaan yang diperuntukkan bagi masyarakat. Menyasar mulai dari Anak-anak Taman Kanak-kanak (TK) sampai dengan untuk masyarakat umum. Sri mengakui animo animo masyarakat masih rendah untuk berkunjung ke museum

"Sehingga perlu terus meningkatkan daya tarik seperti renovasi interior. Saya berharap dengan sejumlah terobosan dan penyegaran, museum dapat menjadi pusat informasi dan objek pariwisata budaya yang mampu mempertebal jati diri bangsa," ungkap Sri Hartini.

Ketua Asosiasi Museum Indonesia Putu Rudana  mengatakan bahwa museum merupakan rumah tertinggi kebudayaan, sehingga diharapkan museum dapat dibudayakan dengan dukungan stakeholder pemerintah dan masyarakat. Peresmian ini merupakan semangat bersama dan menekankan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai serta memelihara sejarah.

Peresmian tersebut dihadiri Anggota DPD RI DR H Rahmad Shah, para konsul negara sahabat, para legiun veteran, pejabat dan pegawaiKantor Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara dan undangan lainnya.

 (Humas Pemprovsu)-(Er)