Artikel

18JUL2014

Sutias Berikan Apresiasi kepada PTK PAUDNI

Medan, 18/7 - Bunda Paud Provsu Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho meemberikan apresiasi kepada lima belas tenaga pendidik pada acara penutupan kegiatan Apresiasi PTK Paudni  (Pendidik dan Tenaga Kependidikan - Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal) Tingkat Provinsi Sumut di Hotel Asean International, Jumat (18/7). Para tenaga pendidik tersebut akan mengikuti perlombaan di tingkat pusat.

Sutias dalam sambutannya mengatakan kegiatan apresiasi PTK PAUDNI dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pendidik. "Meningkatkan kualitas wajib dilakukan jika kita tak mau tergilas dengan kemajuan dan perkembangan zaman terutama pada saat imi kita telah berada di era globalisasi dan persaingan yang sangat ketat," ujar Sutias.

Sutias berkata lembaga pendidikan yang baik akan berusaha menyelenggarakan proses pendidikan yang bermutu, sistematis dan mentransper ilmu pengetahuan secara baik dan mampu pula menjembatani para lulusannya memasuki kerja.

Ada tiga jalur pendidikan nasional yang diatur oleh UU No 20 Tahun 2003 yakni formal, non formal dan informal. Di dalam jalur non formal seperti kursus keterampilan kian tumbuh berkembang di seluruh Sumut, harus bekerja profesional menyiapkan tamatan dan lulusannya yang kompeten.

Lebih lanjut Sutias berkata kegiatan apresiasi PTK Paudni adalah ajang berkompetisi warga Paudni dalam menunjukkan kemampuannya sesuai dengan jenis lomba masing-masing. Dan memberikan penghargaan kepada PTK Paudni yang berprestasi guna memotivasi mereka dalam meningkatkan kualitas.

"Bagi pemenang lomba ini nantinya akan dikirim ke tingkat nasional yang acaranya diadakan di Bandung (9 sampai 15 Agustus mendatang) sebanyak 15 orang pemenang," paparnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Bidang PNFI dan PAUD Dinas Pendidikan Provsu Yulheni, bahwa sebagai upaya mensukseskan pelaksanaan dan penilaian berbagai lomba, olahraga dan Seni (Porseni). Maka perlunya acuan dalam penyelenggaraan Apresiasi PTK PAUDNI,

"Alhamdulillah kegiatan Apresiasi PTK Paudni yang dilaksanakan sejak tanggal 15 hingga 18 Juli berjalan dengan baik, dan penghasilkan pemenang - pemenang berkualitas semoga mampu bersaing di tingkat nasional," papar Yulheni.

Apresiasi PTK PAUDNI bertujuan memberi penghargaan terhadap PTK PAUDNI yang dinilai memiliki prestasi yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran dan pengeloaan.

Tak hanya itu dengan meningkatkan mutu pembinaan PTK PAUDNI melalui pengembangan kreativitas dan inovasi dalam bidang kerja nyata, karya tulis, olahraga dan seni.

"Maka Apresiasi ini dilaksanakan perlombaan yang diikuti oleh kelompok PTK Pendidikan anak usia dini, kelompok PTK Kursus dan Pelatihan dan kelompok PTK pendidikan masyarakat," papar Yulheni.

Jenis lomba apresiasi PTK PAUDNI mulai dari pengelola PAUD, pendidikan PAUD, tata rias pengantin, intruktur otomotif, intruktur tata busana, kursus perhotelan, kursus tata boga, kursus elektronik, pengelola LKP, Tutor pendidik keaksaraan, Pamong belajar, penilik, pengelola TBM, Pengelola PKBM dan Kepala SKB.

"Untuk meningkatkan motivasi PTK PAUDNI diselenggarakanlah lomba yang diikuti 171 orang dari 33 kab/kota se Sumut, dengan 3 kelompok yakni kelompok PAUD, kelompok kursus dan Pelatihan serta kelompok pendidikan masyarakat," papar Yulheni lagi.

(Humas Pemprovsu)-(Er)