Artikel

23JUL2015

Usai Cuti Lebaran, Wagubsu Pimpin Apel Pagi dan Sidak

Medan, 22/7 - Hari pertama pasca cuti lebaran, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) H Tengku Erry Nuradi memimpin Apel Pagi PNS jajaran Pemprovsu dan melakukan inspeksi mendadak, Rabu (22/7). Berdasarkan tabulasi Badan Kepegawaian Daerah, 78 PNS dari 7.800 PNS di jajaran Pemprovsu (di luar UPT) tidak masuk tanpa alasan yang jelas.

Dalam Sidak tingkat kehadiran ke beberapa SKPD, Wagubsu meminta BKD Pemprovsu secepatnya mendata dan sekaligus memberi sanksi kepada PNS yang bolos dan tak masuk kerja tanpa surat keterangan.

Sebanyak 78 orang PNS yang tidak masuk kerja tersebut selain surat teguran, akan mendapat sanksi berupa potongan Tunjangan Penghasilan Pegawai sebesar 5%. Selain itu, bagi pejabat struktural akan dikenakan penundaan kenaikan pangkat selama setahun dan bagi non pejabat struktural akan dikenakan penundaan kenaikan gaji berkala selama setahun.

Kepala BKD Pandapotan Siregar menyebutkan sekitar pukul 15.00 WIB pihaknya melaporkan tingkat kehadiran PNS di jajaran Pemprov Sumut tersebut ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.
 
Wagubsu dalam sambutannya mengingatkan seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran Pemprov Sumut dapat memulai kerja dengan motivasi dan disiplin yang tinggi sehingga produktifitas kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat bisa tercapai.

Disebutkan Erry, usai menjalanani liburan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah, diharapakan semua PNS jajaran Pemprovsu harus berupaya meningkatkan kinerja seperti pengelolaan administrasi pemerintahan ke arah yang lebih baik. Salah satunya adalah pengelolaan administrasi keuangan daerah. Dimana untuk Tahun Anggaran 2014 Laporan keuangan Pemprovsu mendapat Opini "Wajar Tanpa Pengecualian " setelah lima tahun berturut-turut memperoleh opini "Wajar Dengan Pengecualian", maka melihat hal ini merupakan suatu kebanggaan bahwa kinerja PNS jajaran Pemprovsu sudah semakin baik.

Seiring dengan perolehan penghargaan tersebut, kata Erry Nuradi, ke depan jajaran Pemprovsu harus lebih mempersiapkan diri dalam menyusun kinerja seperti persiapan memproses APBD Perubahan Tahun Anggaran 2015 dan APBD Tahun Anggaran 2016. Sekaitan dengan ini, diharapkan kepada seluruh unit satuan kerja jajaran Pemprovsu harus benar-benar melihat kondisi sumber daya yang ada secara objektif dalam mengajukan program kegiatan untuk dikelola pada SKPD maisng-masing.

Demikian juga SKPD dalam penyusunan APBD tahun 2016 agar tetap berkoordinasi dengan Tim Anggaran pemerintah dalam menyikapi berbagai program kegiatan yang berkaitan dengan tugas-tugas SKPD yang menjadi prioritas dalam Tahun Anggaran 2016. Artinya, koordinasi ini dijalankan karena sangat diperlukan kerja yang cerdas dan kerja keras serta kerjasama yang baik antara sesama unsur SKPD dengan TAPD dalam menyusun APBD yang lebih baik dan tepat sasaran.

"Koordinasi dam Program kegiatan yang diajukan harus sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sehingga dalam pelaksanaannya tidak ada ketentuan dan peraturan yang diabaikan yang dapat mengakibatkan timbulnya masalah-masalah hukum dikemudian hari," tegas Erry  Nuradi  di hadapan para PNS jajaran Pemprovsu.

Sidak

Usai menjalankan apel pagi bersama jajaran PNS  Pemprovsu, Wagubsu HT Erry Nuradi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Kantor Sekretariat Kantor Gubsu dan beberapa SKPD jajaran Pemprovsu. Dalam Sidak tersebut ditegaskannya apabila PNS bolos dan tanpa memberi izin cuti atau tanpa alasan apapum diberi sanksi sesuai ketentuan yang berlakukan khususnya PP 53 Tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sidak pertama yang dilakukan Wagubsu didampingi Asisten Pemerintah Hasiolan Silaen, Asisten Kesos Zulkarnaen dan Asisten Administrasi Umum dan Asset Fitriyus pertama kali memasuki ruang Badan Kepegawaian Daerah Provsu dan Biro Umum Setdaprovsu, di ruangan tersebut tingkat kehadiran PNS mencapai 100 Persen.

Namun sebelumnya, beberapa PNS BKD Pemprovsu sudah ditugaskan kesetiap instansi jajaran Pemprovsu untuk mendata tingkat kehadiran PNS yang ada di SKPD. Artinya, PNS yang bertugas di luar (TL) diharapkan bisa mendata sekaligus melihat absensi kehadiran para PNS usai menjalankan cuti bersama Lebaran Idul Fitri.

Setelah sidaK di kantor Sekretariat Kantor Gubsu, Erry Nuradi melanjutkan perjalanan Sidak ke Kantor Dinas Perhubungan Pemprovsu.

Di Kantor Dinas Perhubungan Pemprovsu, Erry Nuradi melakukan tanya jawab kepada seluruh jajaran eselon III apa tupoksi kinerja masing-masing pejabatnya. "Saya minta kepada seluruh PNS yang ada di Dishubsu supaya meningkatkan kinerjanya dan realistis menjalan tupoksi kerjanya masing-masing," ujar Erry Nuradi kepada pejabat eselom III tersebut.

Usai melakukan Sidak di kantor tersebut, Wagubsu melanjutkan Sidak ke Dinas Pendapatan Provsu (Dispendasu) khususnya ke Unit Pelayanan Teknis (UPT) Samsat Medan Selatan. Di sana Wagubsu melihat secara langsunga pelayanan dan sistim jaringan online pembayaran pajak yang masuk ke Kas Daerah.

Di kantor Dispendasu Wagubsu langsung diterima Kadispendasu Rajali bersama jajaran Dispenda dan sidak ke setiap ruangan pelayanan dan melakukan tanya jawab langsung kepada masyarakat yang sedang mengurus pajak kenderaan bermotor (PKB).

Di Kantor UPT Samsat Medan Selatan rombongan Wagubsu langsung diterima Kepala UPT Faisal Hasrimi yang memandu Wagubsu melihat pelayanan Samsat di kantor tersebut. Dalam dialognya itu  Faisal menjelaskan kepada Wagubsu tentang sistim kinerja mereka kepada masyarakat.

Setelah mendapat penjelasan sedemikian rupa Wagubsu juga tak lupa mengingatkan pihak Dinspedasu untuk tetap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna mencapai target Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) yang sudah ditetapkan. Artinya, meskipun selama ini tak tercapai target PAD tersebut ke depan harus lebih ditingkatkan lagi, ujar Wagubsu sembari memberi semangat dan tingkat kehadiran PNS tetap dikontrol setiap hari.

"Kalau ada PNS yang jarang masuk kerja supaya diberi sanksi. Jangan hanya makan gaji buta, itu harus menjadi perhatian khusus buat kita semua," ujar Wagubsu kepada Kadispendasu.

Sementara hal yang sama juga ditegaskan Wagubsu di Kantor Dinas Kehutanan Provsu dan Kantor Balitbang.

(Humas Pemprovsu)-(Ernes)