Artikel

24SEP2014

Wagubsu: Lulusan Akpar Ujung Tombak Pariwisata

Medan, 23/9 - Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengatakan kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara sudah semakin membaik. Hal ini dikatakannya dalam sambutan acara wisuda ke XVI Akademi Pariwisata Medan Tahun 2014 di Santika Premiere Dyandra Hotel dan Convention (23/9).

Wagubsu mengatakan sejak tahun 2010 angka kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatera Utara terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2010 angka kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara sebesar 191.466 wisatawan dan tahun 2013 menjadi 259.295 wisatawan mancanegara. Peningkatan kunjungan ini menurutnya harus tetap di jaga dengan melakukan perbaikan di berbagai sektor termasuk infrastruktur, peningkatan kualitas produk sumber daya manusia.

Wagubsu mengatakan berdasarkan data WTO, di perkirakan pada tahun 2020 indonesia termasuk tujuan wisatawan mancanegara akan mengalami peningkatan pengunjung berkisar 6 hingga 8 persen, hal ini harus diantisipasi oleh kesiapan para lulusan pendidikan bidang wisata.

"untuk itulah mahasiswa Akpar Medan diharapkan menjadi ujung tombak untuk ikut mengembangkan pariwisata di daerah ini" ujarnya di depan para wisudawan Akpar Medan angkatan ke XVI.
Wagubsu juga mengakui sampai saat ini masih banyak objek wisata daerah Sumatera Utara yang perlu dikembangkan dan di promosikan keindahaannya. Karena itu pendidikan kepariwisataan memiliki prospek yang bagus ke depan.

Dalam hal ini, Wagubsu berharap pendidikan kepariwisataan harus menunjang program pemerintah untuk menjamin kelancaran pelayanan serta penyelenggaraan pariwisata. Hadir dalam acara wisuda Kepala Badan Sumberdaya Kemendarekraf RI Prof I Gede Pita Na, Ketua Asita Sumut Solahudin Nasution, Direktur Akpar Medan Faisal S.STPAR,MM,PAR, ketua STP Bandung Anang Sungkono, ketua STP Bali I Da Bagus Made Wiyata, Direktur Akpar Makasar Dr.Komang Maha Wira.

(Humas Pemprovsu)-(Er)