Artikel

30OKT2015

Berikan Layanan Berbasis IT Sumut Rencana Canangkan Smart Province

Medan, 30/10 - Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berencana melaksanakan program mewujudkan smart province. Komitmen untuk mewujudkan smart province ditegaskan Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi saat bertemu dengan PT Telkom di Ruang Kerja, Kantor Gubsu, Jumat (30/10).

Hadir dalam kesempatan itu General Manager (GM) Telkom Witel Sumut-Barat Zahrial Hamid Nasution, Telkom Infomedia Surya Rahmadiansyah, T Muda Nanta EUP Telkom Regional I dan Direktur Marketing dan Sales Infomedia Andang Anshari. Dalam kesempatan itu, Plt Gubsu mengungkapkan berbagai visi dan harapannya ke depan dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat yang dikelola secara lebih modern, partisipatif dan berkelanjutan.

"Saya ingin Provinsi Sumatera Utara ini menjadi provinsi dengan layanan berbasis IT, sehingga lebih memudahkan masyarakat," kata Erry. Dia melanjutkan, selama ini pelayanan yang prima selalu berhasil diberikan oleh pihak swasta, sementara oleh pihak pemerintah masih sangat minim.

Erry mencontohkan Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang cukup berhasil dengan layanan call center sehingga sangat memberi kemudahan bagi masyarakat umum. PLN punya call center, 24 jam yang menjawab semua keluhan tentang listrik. "Saya pikir mengapa pemerintah daerah tidak bisa?" ujarnya.

Dia kemudian menceritakan pengalamannya ketika menjadi Bupati Serdang Bedagai selama dua periode yang mempelopori program administrasi terpadu kecamatan. Menurut Erry, melalui smart provincve nantinya akan menjadi bentuk dari perwujudan program pemerintah Nawacita yaitu negara hadir di tengah masyarakat.
 
Erry juga berharap nantinya Pemprov Sumut dapat mengintegrasikan pelayanan lintas SKPD, instansi maupun kabupaten/kota. Keluhan masyarakat yang dimaksud seperti soal fasilitas umum contohnya jalan rusak. Ketidakpahaman pengelolaan jalan, kata Erry, akan menjadi tanggungjawab pihak pemerintah pusat, Pemprov dan Pemkab/pemko. Setelah ini ia juga akan menindaklanjuti dengan mengumpulkan beberapa kabupaten/kota yang siap untuk berintegrasi mewujudkan layanan berbaasis IT kepada masyarakat. "Nantinya saya berharap keluhan-keluhan seperti itu bisa dijembatani oleh Pemprovsu," katanya.

Sementara GM Telkom Zahrial Hamid Nasution menjelaskan pihaknya sudah menterjemahkan keinginan Pemprovsu, untuk memberikan pelayanan lebih baik. Telkom melalui anak perusahaan Infomedia telah berpengalaman dalam menyediakan berbagai aplikasi dan program IT. PT Infomedia Nusantara, katanya, adalah perusahaan yang menangani contact center provider dengan pengalaman melayani lebih dari 140 klien perusahaan dan pemerintah. Zahrial menyatakan pihaknya siap mendukung Pemprovsu menuju Smart Province di Indonesia. "Saat ini yang paling penting bagi kita adalah memberikan pelayanan kepada publik,"ujarnya.

(Humas Pemprovsu)-(Ernes)