Artikel

14JUN2016

Bulog Sumut Turunkan Harga Bawang Operasi Pasar

Medan, 13/6 - Perum Bulog Sumatera Utara menurunkan harga bawang merah untuk operasi pasar dari Rp 25.000 per kg menjadi Rp 24.000 per kg mengikuti penurunan harga komoditas itu di pasar.

"Harga bawang merah di pasar Medan sudah turun menjadi Rp 30 ribuan per kg dari Rp 45 ribuan per kg sebelumnya. Jadi Bulog ikut juga menurunkan harga bawang OP menjadi Rp 24.000 dari Rp 25.000 per kg seperti yang ditetapkan pemerintah sebelumnya," kata Kepala Bulog Sumut, Fatah Yasin di Medan, Senin.

Penurunan harga bawang OP dilakukan Bulog untuk terus menstabilkan harga di pasar yang dewasa ini sudah bergerak turun,

"Bulog sendiri siap terus menjalankan OP bawang merah karena stok masih cukup banyak dari tahap awal yang dipersiapkan sebanyak tujuh ton untuk keperluan di Ramadhan dan Idul Fitri," katanya.

Pasokan bawang untuk Sumut itu dari Brebes, Jawa Tengah yang sedang panen.

Dia menyebutkan, selain menurunkan harga bawang yang Rp 25.000 per kg itu menjadi Rp 24.000 per kg, Bulog juga mengurangi harga jual yang sebelumnya ada di jual seharga Rp 28.000 menjadi Rp 27,000 per kg.

"Bulog siap terus melakukan OP bawang merah dan termasuk daging yang harganya masih belum stabil," katanya.

Agar barang kebutuhan pokok dengan harga murah itu dinikmati masyarakat secara lebih luas, OP bukan hanya dilakukan Bulog di berbagai pasar tradisional, tetapi juga di instansi.

Menurut dia, OP baru akan dihentikan kalau harga kembali stabil seperti yang terjadi pada cabai merah.

OP berkelanjutan tidak perlu diragukan karena stok bawang Bulog bisa akan semakin banyak menyusul akan ada panen petani di Latersia, Kabupaten Karo, Sumut.

"Bulog dan Bank Indonesia sudah bekerja sama untuk membeli produk hasil panen petani khususnya di kawasan binaan BI," ujar Fatah Yasin.

Wakil Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumut, Difi A Johansyah, mengatakan, TPID terus memantau dan melakukan berbagai upaya untuk menekan harga berbagai barang kebutuhan pokok di Sumut.

OP dan pasar murah serta menjaga kelancaran pasokan barang di pasar adalah beberapa instrumen yang dilakukan TPID untuk mengendalikan harga berbagai barang kebutuhan di Puasa Ramadhan.

(Antara)-(DT)