Artikel

05MEI2018

Ciptakan Kebersamaan dalam Keberagaman dengan Bingkai NKRI

Medan, 6/5 - Seluruh masyarakat Sumatera Utara (Sumut), khususnya Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) diharapkan, selalu menciptakan kebersamaan dalam keberagaman dengan bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu penting, karena Provinsi Sumut mempunyai masyarakat yang multikultural, yang terdiri dari beragam suku, agama, budaya dan adat istiadat. Sebagai daerah negeri berbilang kaum tentu keberagaman ini menciptakan warna didalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

"Kepada para pemuda dan generasi penerus khusus pemuda muhammadiyah, ciptakanlah kebersamaan dalam keberagaman dengan bingkai NKRI,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH saat menghadiri Resepsi Milad 86 Tahun Pemuda Muhammadiyah, yang dirangkaikan dengan Pembukaan Rapimwil II Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara, di Hotel Horison Pematang Siantar, Jumat (4/5).

Wagubsu Nurhajizah mengatakan dalam dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan di Sumut, keberadaan organisasi pemuda khususnya organisasi Pemuda Muhammdiyah sangat dirasakan ikut memainkan peranannya dalam menyikapi dan mewarnai jalannya penyelenggaraan pembangunan, pemerintahan maupun pembinaan kemasyarakatan. Untuk itu, pemerintah berharap agar organisasi ini tetap komitmen dalam membawa visi dan misinya didalam pembangunan.

"Saya, Wakil Gubernur atas nama Pemprovsu yakin kader-kader Pemuda Muhammadiyah di Sumut dapat berperan dan mampu berpartisipasi aktif dalam membantu keberhasilan pelaksanaan pembangunan di negeri berbilang kaum ini. Karena organisasi ini telah melahirkan kader-kader pemuda yang arif, bijaksana dalam berfikir, bertidak senantiasa dilandasi keteguhan iman dan taqwa, "ujar Nurhajizah.

Di akhir sambutannya, Wagubsu mengucapkan selamat atas Milad yang ke 86 untuk Pemuda Muhammadiyah, semoga tetap menjadi organisasi yang membanggakan dan sukses atas terselenggaranya Rapimwil II Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara.

Pada kesempatan yang sama, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto SH menyampaikan, Polri akan berjuang terus untuk kemajuan negeri yang mempunyai masyarakat yang multietnis, khususnya Sumut. “Selain itu, Sumut selalu dicoba akan dipecah belah tetapi hingga saat ini kita tidak terprovokasi akan isu-isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan,” katanya.

Dikatakannya, unsur Polri tidak dapat berbuat apa-apa tanpa adanya kerjasama dari masyarakat. “Untuk itu kami berharap agar masyarakat selalu mematuhi segala peraturan-peraturan yang ada sehingga terciptanya ketertiban dan keamanan,” katanya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dr Dahnil Anjar Simanjuntak SE ME dalam sambutannya mengatakan, keberagaman ini adalah keindahan. Perbedaan adalah peluang untuk belajar satu dengan yang lainnya. “Dari semua perbedaan jangan ditakuti tapi haruslah digembirakan,” katanya.

Begitu pula dalam menghadapi Pilkada serentak 2018 yang sudah dipelupuk mata. Hendaknya semua pihak bergandengan tangan walau terdapat perbedaan pilihan. Tidak saling manjatuhkan dengan menciptakan isu-isu negatif yang dapat memecah belah persatuan. "Jangan berlaku ekstrimis, hendaknya menjadi umat yang netral. Katakan benar jika memang benar dan katakan salah jika memang salah, " ujarnya.

Sementara itu Walikota Pematang Siantar Eriansyah SE MM dalam ucapan selamat datangnya memberikan apresiasi yang tinggi atas diselenggarakannya Rapimwil II yang dirangkaikan dengan Resepsi Milad 86 Tahun.

Disampaikan, juga oleh sebagai orang muslim janganlah saling bersinggungan dan saling menjelekkan. Tetapi justru saling menyanyangi bertegur sapa dan saling menghormati sesamanya. “Walau kita berbeda latar belakang baik suku dan bangsa tetapi kita harus bertekad bahwa NKRI adalah harga mati, oleh karenanya kita harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

Bupati Tapteng Bahtiar Ahmad Sibarani menyampaikan Pemuda Muhammadiyah kedepannya diharapkan mempunyai kader-kader yang netral dan adil dengan tidak membedakan suku dan agama.

Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumut M Basyir Hasibuan MPd melaporkan bahwa kegiatan Rapimwil II ini dalam rangka persiapan untuk Muswil ke 13 yang akan datang. Kegiatan ini sebagai bahan evaluasi terhadap kinerja yang telah dilaksanakan, juga konsolidasi atas kegiatan yang akan dilaksanakan di mukhtamar ke depannya.

Turut hadir Wakil Ketua Pimpinan Muhamadiyah Sumut Dr Abdul Hakim Siagian SH MHum, Pimpinan Wilayah Aisiyah Sumut Elinita beserta keluarga besar Muhammadiyah dan Aisyiah baik Sumut, Tapteng dan Pematang Siantar, serta para peserta Rapimwil Pemuda Muhammadiyah Sumut.**

 

 

 

 

(Humas Provsu)-(Riva)