Artikel

14JUL2015

Dishub Sumut Dirikan Ratusan Posko Lebaran

Medan, 13/7 – Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara mendirikan ratusan Posko Lebaran di 33 kabupaten/kota untuk memperlancar arus mudik dan balik dalam perayaan Idul Fitri 1436 Hijriyah.

"Posko Lebaran tersebut, tidak hanya dibangun di terminal maupun jembatan timbang, tetapi juga di daerah yang diangagap rawan macet," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumut Anthony Siahaan yang dihubungi di Medan, Senin.

Menurut dia, Posko Lebaran tersebut juga didirikan di kantor Dinas Perhubungan Provinsi Sumut, Dinas Perhubungan kabupaten/kota, dan beberapa lokasi yang dianggap rawan kecelakaan.

Posko Lebaran itu dimaksudkan untuk dapat memantau perkembangan arus kendaraaan, warga mudik Lebaran, data dan informasi penumpang yang berangkat, serta terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Posko Lebaran tersebut juga berfungsi sebagai sarana penghubung jika terjadi kemacetan di jalan lintas Sumatera (Jalinsum), serta sarana bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi mengenai jalan yang sering terjadi longsor, macet, dan kerawanan lainnya.

"Pendirian Posko Lebaran itu sangat membantu kelancaran arus transportasi bagi warga yang mudik Lebaran, termasuk supir yang mengalami kendala di jalan raya," katanya.

Dinas Perhubungan Sumut mempersiapkan 2.200 armada bus angkutan mudik Lebaran tahun 2015. Armada tersebut dipersiapkan 99 perusahaan bus yang beroperasi di Sumut dengan persediaan 49.022 seat atau tempat duduk.

Sedangkan pada Lebaran 2014, Dinas Perhubungan Sumut menyiapkan sebanyak 2.134 armada bus angkutan mudik Lebaran.

(Antara)-(DT)