Artikel

03JUN2018

Gubsu Apresiasi Rencana Perdoski Sebar Residen PPDS ke Kabupaten/Kota

Medan, 3/6 - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi mengapresiasi rencana Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Cabang Medan untuk melakukan penyebaran dan penempatan Residen Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) kulit dan kelamin ke berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini disampaikannya dalam acara Silaturahmi dan Jamuan Makan Malam bersama Perdoski Cabang Medan dan Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin (IKKK) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sumatera Utara (USU), di Rumah Dinas Gubsu Medan, Sabtu (2/6).

“Kita tentunya sangat menyambut baik inisiatif ini. Kita ketahui, masih banyak rumah sakit yang ada di Sumut belum memiliki dokter spesialis terutama kulit dan kelamin. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi langkah Perdoski dan Departemen IKKK FK USU untuk menempatkan residen PPDS di kabupaten/kota, ini adalah bentuk bantuan kepada pemerintah untuk menyediakan layanan kesehatan dan menjangkau masyarakat hingga ke daerah-daerah,” kata Gubsu Erry Nuradi.

Erry Nuradi menilai, selama ini dunia akademik kerap kali melakukan kunjungan serta kajian-kajian ke luar negeri. Untuk ilmu kedokteran, residen (siswa pendidikan dokter spesialis) ke luar negeri biasanya menjadi pertimbangan karena perkembangan teknologi alat-alat kesehatan di sana lebih maju dan canggih.

“Namun, perlu juga dipertimbangkan setiap negara dan tempat tentu memiliki pola kesehatan dan penyakit yang berbeda-beda. Terjun ke daerah-daerah langsung membantu kita bisa mengenali dan mengkaji masalah kesehatan yang nyata dirasakan masyarakat di lapangan,” ujarnya.

Erry Nuradi juga mengimbau kepada para dokter yang hadir untuk senantiasa meningkatkan kompetensi dan keahlian. Selain agar bisa bersaing secara global di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), peningkatan kompetensi dan keahlian juga akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Indonesia. “Sehingga nantinya, tidak ada lagi kita dengar istilah devisa negara yang lari ke luar negeri karena banyaknya orang yang memilih berobat di luar,” kata Erry.

Sebelumnya, Ketua Perdoski Cabang Medan sekaligus Ketua Program Studi IKKK FK USU Dr dr Imam B Putra MHA.SpKK FINSDV FAADV menyampaikan bahwa saat ini Alumni IKKK FK USU telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Namun, penyebaran ini belum merata di berbagai daerah, khususnya kabupaten-kabupaten yang ada di Sumut.

“Melalui kerja sama dengan rumah sakit daerah, kami menempatkan Residen PPDS jenjang akhir yang disupervisi oleh staf rumah sakit. Seperti RSUD dr FL Tobing di Sibolga, dan bulan depan kita tempatkan juga di RSUD Pandan serta di 4 Puskesmas di Kota Medan. Kita berharap, rencananya ke depan akan lebih banyak lagi di berbagai kabupaten/kota di Sumut,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Imam juga mengucapkan terima kasih kepada Gubsu Erry atas dukungan yang diberikan pada Perdoski Cabang Medan selama ini. Atas dukungan tersebut, Perdoski Cabang Medan berhasil terpilih menjadi tuan rumah Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Perdoski tingkat nasional pada tanggal 8-10 Agustus 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Drs Agustama Apt MKes juga turut mengapresiasi langkah Perdoski dan Departemen IKKK FK USU. “Ini merupakan contoh sinergi yang positif antara pemerintah, universitas, dan tenaga kesehatan. Kita berharap, semoga semakin banyak inisiatif seperti ini kedepannya, sehingga pelayanan kesehatan di Sumut bisa maksimal,” ujarnya.

Acara Silaturahmi dan Jamuan Makan Malam berlangsung hangat sekaligus menghibur. Di penghujung acara, Gubsu Erry menghipnotis para hadirin dengan melantunkan lagu dari grup musik legendaris Indonesia, Bimbo, yang berjudul Tuhan. Tidak hanya itu, para hadirin juga antusias saat Gubsu Erry membagikan souvenir sebagai kenang-kenangan.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus, Ketua Departemen IKKK FK USU Dr dr Nelva K Jusuf SpKK(K) FINSDV FAADV, Pengurus dan anggota Perdoski Cabang Medan, dan mewakili Direktur Rumah Sakit USU.**

 

 

(Humas Provsu)-(Riva)