Artikel

29SEP2014

Gubsu Buka Musda XV Hipmi Sumut

Medan, 26/9 - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST MSi membuka secara resmi musyawarah daerah (Musda) XV Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Provinsi Sumut di Hotel Grand Aston Medan, Jumat (26/9).

Musda XI BPD Hipmi Sumut dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumut Parlinsyah Harahap SE MAP, unsur FKPD Sumut, Staf Khusus Menteri Perindustrian Drs Darul Siska, Sekretaris Ditjen IKM Kementerian Perindustrian Dr Ir Bushar Maidi MS, Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara, Ketua BPP Hipmi Raja Sapta Okto Hari, Ketua Hipmi Sumut Firsal Ferial Mutiara serta dua calon ketua Himpi Sumut Akbar Himawan Buchari, Dian Ari Parnama Harahap serta pengurus, pembina Hipmi pusat dan Provinsi Sumut.

Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengatakan bahwa walaupun diperhadapkan dengan berbagai rintangan, hambatan dan tantangan, namun kiprah Hipmi Sumut tetap eksis sampai saat ini, bahkan boleh menunjukan berbagai karya nyata yang turut serta memajukan perekonomian Provinsi Sumut.

"Bicara tentang pengusaha muda tentu bicara tentang perekonomian. Bicara tentang ekonomi tentu kita bicara bahwa ekonomi tentu kita bicara pada tubuh kita dan dan bicara tubuh yang darahnya cukup maka akan aktif dengan berbagai kegiatan sehingga dia menjadi tubuh yang bugar dan sehat tetapi tubuh yang kurang darah pasti kebugran akan menjadi lesu dan lemah," katanya.

Maka saya bangga hari ini bagaimana optimalisasi dalam kontek perekonomian daerah yakni Sumut dengan hadirnya para pengusaha-pengusaha muda yang tergabung di Hipmi Sumut.

"Pengusaha selalu bicara ditengah keterbatasan sumber daya akan berfikir keras dan berfikir sungguh-sungguh agar ditengah keterbatasan sumber daya itu mampu dikapitalisasi menjadi sebuah potensi yang sangat besar dan dengan keuntungan yang sangat besar," katanya.

Gubsu juga menyetujui bahwa persaing di Himpi menjadi dinamika yang biasa saat persaingn pemilihan ketua. Tetapi, yang kebih utama adalah kerja dan netwoking.

"Ini adalah kalimat yang sangat menarik yang tentu harapan saya ini menjadi sebuah budaya di lingkungan Sumut, dilingkungan masyarakat Indonesia bahwa yang namanya dinamika persaingan adalah sesuatu hal yang biasa tentu yang kita harapkan kedepan setelah usai pertarungan baik itu di Hipmi, Pemilu Legeslatif, pemilu Kepala Daerah dan Pemilu Presiden untuk bagaimana kita membangun netwoking yakni bekerjasama agar kedepan Indonesia khususnya Provinsi Sumut lebih baik lagi," harapnya.

Gubsu juga berharap budaya kerja dan netwoking yang ada di Hipmi bisa terus ditularkan kepada Pemprovsu, kepada DPRD Sumut.

Gubsu juga berharap sangat besar dengan kehadiran Hipmi di Sumut, karena suatu daerah tak akan berkembang tanpa adanya peran pengusaha.

"Pengusaha tidak berorientasi menghabiskan anggaran tetapi dengan anggaran terbatas malah bisa menjadi hasil yang kebih baik," katanya.

Sebelumnya, Ketua BPP Hipmi Raja Sapta Okto Hari BPD menyampaikan bahwa sesuai fakta BPB Hipmi Sumutlah satu-satunya BPD yang paling aktif di Indonesia.

Untuk itu dirinya atas nama pengurus pusat memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus Hipmi Sumut atas kinerjanya yang luar biasa. "Mudah mudahan kerjasama ini dapat diestafetkan dengan baik oleh para kandidat caloin ketua yang akan bersaing memperebutkan posisi ketua Umum BPD Hipmi Sumut," katanya.

Hipmi, lanjutnya untuk ptoses persaing operebutan ketua sudah biasa namuan yang utamanya di organisasi ini adalah kerjasama. "Saat saya bersaing mencari calon ketua umu BPP Hipmi kami ada empat orang calaon dan saat Munas Di Sulsel saya terpilih menjadi Ketum, namun pesaing saya juga menjadi sekretarias saya saat ini juga saingan saya lainya menjadi ketua bidang, inilah yang kami bangun sebuah netwotking, mudah-mudahan ini bisa dijadikan referensi musda Hipmi sumut," harapnya.

Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara menyambut baik apa yang dilakukan Hipmi. Peran Hipmi dan kiprah Hipmi melalui para pengurus para kader cukup besar pada pembangunan di daerah yanhg kita lihat akhirnya para pengusaha di daerah tumbuh minatnya menjadi pengusaha.

"Prospek suatu negara ditentukan oleh generasi mudanya tentunya kita harap banyak Pengusaha Hipmi Sumut mencetak kader kader baru di daerah daerah dan kita berharap daya saing eknomi daerah kita meningkat," harapnya.

Ketua Hipmi Sumut Firsal Ferial Mutiara dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa melalui tema Musda XV BPD Himpi "Optimalisasi Peran Hipmi Sumut Dalam Pembangunan Ekonomi Daerah". Diriya berharap dan menitipkan kepada ketua yang baru dan jajarannya supaya Hipmi ini tetap berperan dalam memposisikan Hipmi ini sebagai pelaku ekonomi yang mempunyai manfaat bagi pembangunan ekonomi Sumut.

(Humas Pemprovsu)-(Er)