Artikel

17DES2018

Gubsu Edy Ajak Umat Islam Mengamalkan Al-Quran dan Teladani Rasul

Medan, 17/12 - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengajak umat Islam untuk senantiasa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran dan meneladani Rasulullah SAW dalam keseharian. Dengan harapan akan tercipta keteraturan dan kedamaian di daerah ini.

Ajakan ini disampaikannya saat menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan PDAM Tirtanadi Provinsi Sumut, Minggu (16/12), di Pelataran Kantor Pusat PDAM Tirtanadi Jalan SM Raja Medan.

“Al Quran khususnya, bukan saja untuk kita baca, tetapi lebih penting dari itu adalah bagaimana kita mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung didalamnya dalam kehidupan kita. Begitupun dengan memperingati maulid, bukan untuk mengingat kelahiran Rasul saja, tapi juga meneladani sifat-sifatnya. Hari ini kita intropreksi bersama-sama,” ujar Edy.

Keteraturan yang tercipta di negara-negara maju, kata Edy, merupakan akibat dari tindakan dan perbuatan mereka yang mengaplikasikan ajaran Al-Quran. Contoh kecilnya adalah tentang bagaimana mereka menjaga kebersihan di lingkungan sekitar. “Berbeda dengan kita, meski menjaga kebersihan dianjurkan dalam Al-Quran, tetap juga kita buang sampah sembarangan,” katanya.

Dirinya kemudian berandai, kalau semua umat Islam mengamalkan Al-Quran dan meneladani Rasul, niscaya akan tercipta keteraturan dan kedamaian. Untuk itu, lanjut Edy, dirinya berharap peringatan maulid nabi hari ini menjadi momentum untuk intropeksi diri bersama, bukan sekedar acara seremonial belaka.

Selain itu, Edy juga mengajak kaum pria khususnya untuk membiasakan shalat berjamaah di masjid. “Saya heran, malah sekarang perempuan yang lebih banyak ke masjid. Padahal kan yang lebih utama laki-laki. Ayolah kita biasakan itu shalat di masjid, begitu adzan, bergerak ke masjid,” ajaknya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu rangkaian acara dari Peringatan HUT ke-113 PDAM Tirtanadi. Acara diawali dengan zikir, bersholawat, dan pembacaan Al-Quran yang dilantunkan oleh qori internasional asal Sumut Jakfar Hasibuan. Dalam kesempatan itu, dilakukan pula pemberian tali asih kepada Hafiz dan Hafizah oleh Gubsu Edy beserta jajaran direksi PDAM Tirtanadi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah oleh Ustadz Al Hasby. Dalam ceramahnya, ustadz Al Hasby mengajak seluruh hadirin untuk senatiasa bersyukur. “Hanya dengan bersyukur, maka rahmat Allah senantiasa bertambah,” tuturnya.

Ustadz Al Hasby juga mengaku bangga dan memuji Gubsu Edy. Menurutnya, Edy adalah sosok pemimpin yang dekat dengan agama. “Insya Allah, jika imamnya baik dan dekat dengan agama, maka makmumnya atau rakyatnya juga demikian,” ucapnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Dr Ir Hj Sabrina MSi, anggota DPRD Sumut Muchrid Nasution, Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi yang juga Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik, Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo, Direktur Administrasi dan Keuangan Arief Haryadian, Direktur Air Limbah Heri Batangari Nasution, Direktur Air Bersih Delviyandri Tanjung dan para pensiunan PDAM Tirtanadi, jajaran pegawai serta tokoh masyarakat sekitarnya.**

 

 

(Humas Provsu)-(Riva)