Artikel

14NOV2017

Gubsu Hadiri Ziarah Akbar Silalahi Raja Sedunia 1-3 Desember di Samosir

Medan, 14/11 - Perhelatan Ziarah Akbar Silalahi Raja Sedunia 1-3 Desember di Tolping dan Pangururan, Kabupaten Samosir menampilkan operet budaya yang bertajuk Sedekah Bumi Danau Toba. Diharapkan dengan penampilan budaya ini dapat mendukung pembangunan obyek wisata Danau Toba ke depan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Panitia Ziarah Akbar Silalahi Raja, Marudut Silalahi disela-sela audiensi ke Kantor Gubsu yang diterima Sekda Provsu Ibnu Hutomo, kemarin di Medan.

Marudut Silalahi menambahkan, memajukan pengembangan obyek wisata Danau Toba merupakan cita-cita seluruh warga Sumut.

Untuk itu, sambung Marudut Silalahi, melalui Ziarah Akbar Silalahi Raja yang digelar 1-3 Desember 2017 di Tolping dan Panguruan Kabupaten Samosir pihaknya mengimbau agar seluruh keturuan Silahisabungan terutama Silalahi Raja, anak, boru, bere dan ibebere di seantero jagad raya dapat menyemarakkan Ziarah Akbar itu.

Dia menegaskan Ziarah Akbar Silalahi Raja ini dalam rangkaian ‘marsombu sihol’ dan memupuk kebersamaan diantara keturunan Silalahi Raja se antero jagad raya.

Disebutkan, panitia sudah punya visi misi untuk Ziarah Akbar Silalahi Raja ini, yakni mempererat silaturahmi diantara keturunan Silalahi Raja di tanah air, menyamakan persepsi untuk membangun ‘bona pasogit’ (kampung halaman) Kabupaten Samosir, memberdayakan seluruh keturunan Silalahi Raja dalam satu wadah serta mendukung program pemerintah untuk pengembangan sektor pariwisata Danau Toba.

Sementara itu, Pemprovsu menyambut baik untuk kegiatan Ziarah Akbar Silalahi Raja 1-3 Desember di Tolping dan Pangururan, Kabupaten Samosir.

”Ini penting, kita mendukung Ziarah Akbar Silalahi Raja di Samosir. Harapan kita agar melalui kegiatan ini potensi Danau Toba dapat berkembang, terkhusus kepada masyarakat yang berdomisili 7 kabupaten kota di sekitar Danau Toba. Mind set (pola pikir) masyarakat harus berubah sehingga obyek wisata Danau Toba bisa dikembangkan seperti obyek wisata Bali dan obyek wisata lainnya. Intinya mindset berpikir masyarakatnya harus diubah,” papar Sekda Provsu Ibnu Hutomo didampingi Chandra Silalahi bagian Penmas Provsu.

Dia menambahkan, pihaknya akan menyampaikan ke Gubsu H Tengku Erry Nuradi agar bersedia membuka secara resmi Ziarah Akbar silalahi Raja sekaligus menabur benih (bibit) ikan 139 ekor ke Danau Toba.

”Saya akan sampaikan ke Gubernur, sehingga nantinya membuka secara resmi kegiatan Ziarah Akbar Silalahi Raja ini,” imbuh Sekda.

Hadir di sana Sudirman Sihotang, Sekretaris Panitia, Bendahara Risdawati Rame Silalahi, Koordinator Sie Dana, Ricardo Silalahi SH MHum, Horas Silalahi, Apul Antonius Silalahi dan St Drs BRD Silalahi, Ketua Silalahi Raja Medan Kota.

 

(Humas Provsu)-(Riva)