Artikel

27APR2018

Gubsu Harap LPMP Tingkatkan Kualitas Pendidikan Sumut

Medan, 27/4 - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) terus berupaya melakukan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan memperkuat Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumut. Lembaga ini diharapkan dapat menetapkan standar mutu yang harus dicapai sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas.   

Harapan itu disampaikan Gubsu, Dr Ir H T Erry Nuradi, MSi saat melantik Tim Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Daerah Provinsi Sumut, di Ruang Lumban Tobing Lantai 8, Kantor Gubernur Sumut, Medan, Jumat (27/4).

“Tim ini nantinya akan bertugas untuk membantu Pemerintahan Provinsi Sumut  dalam mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas di Sumut. Apalagi kita sudah memasuki era perdagangan bebas, tentu ada standar-standar dan kualifikasi yang harus kita capai di bidang pendidikan, khususnya dalam rangka menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beradaya saing, bukan hanya nasional tapi juga internasional,” ujar Erry.

Penjaminan mutu pendidikan merupakan amanat dari Undang-Undang (UU) No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah (PP) No.13 tahun 2015. “Sesuai dengan UU dan PP tersebut, Pemprov ditugaskan untuk mensupervisi dan membantu satuan pendidikan yang berada di bawah kewenangannya dalam melakukan penjaminan mutu. Tujuannya ialah untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan berjalan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan,” kata Erry.

Dalam sambutannya, Erry juga menjelaskan bahwa sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah terbagi menjadi dua, yaitu Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Internal (SPMI) yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan dan Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Eskternal (SPME). Sistem kedua ini direncanakan, dilaksanakan dan dikendalikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) dan dikembangkan oleh pemerintah daerah, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), dan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M).

“Untuk mengkoordinasikan dan mengimplementasikan SPME tentu kita perlu membentuk Tim LPMP Daerah. Sebagai bagian dari Pemprovsu, Tim LPMP ini nantinya bertugas untuk memfasilitasi pemetaan mutu pendidikan dan pelaksanaan SPMI-Dikdasmen di satuan pendidikan pada pendidikan menengah dan pendidikan khusus,” jelas Erry.

Selain itu, lanjut Erry, Tim LPMP ini juga akan bertugas untuk mengharmonisasikan perencanaan dan melakukan pembinaan, pendampingan, pengawasan, dan pengendalian satuan pendidikan dalam pengembangan SPMI-Dikdasmen pada pendidikan Menengah dan Khusus.

Ketua Tim LPMP Daerah Provsu, Prof Dr Khairil Ansari MPd menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kepada Gubsu Erry atas kepedulian beliau di bidang pendidikan.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur yang telah melantik kita hari ini. Terus terang, sejak beliau menjadi Bupati Serdang Bedagai, Saya sudah memperhatikan bahwa beliau sangat peduli terhadap pendidikan. Salah satu bukti nyatanya ialah program wajib belajar 12 tahun. Sebelum dicanangkan oleh pemerintah pusat, Pak Erry sudah terlebih dahulu melakukan itu,” ungkap Khairil.

Tidak hanya itu, lanjut Khairil, kepedulian Gubsu terhadap pendidikan juga dibuktikan dengan penggratisan biaya pendidikan saat menjadi Bupati Serdang Bedagai, pengadaan sekolah negeri setiap satu kecamatan dan 20 SMK.

Terkait amanah dan tugasnya sebagai Ketua LPMP daerah, Khairil mengatakan bahwa beliau dan tim akan berusaha tidak hanya memenuhi delapan standar nasional pendidikan, tetapi juga akan berupaya melampaui standar nasional tersebut. Delapan standar nasioanal pendidikan yang dimaksud yaitu kompetensi kelulusan, isi, proses, pendidikan dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan pendidikan, serta penilaian pendidikan.

“Dalam kesempatan ini, Saya berharap penjaminan mutu pendidikan juga akan melibatkan dinas pendidikan, perguruan tinggi baik swasta maupun negeri, tujuannya adalah untuk sinergi. Sehingga dapat 3K yang kita harapkan komitmen, kompetensi sudah ada, kemudian koordinasi. Mudah-mudahan dengan konsep 3K ini kita dapat melaksanakan apa yang diharapkan oleh Bapak Gubernur tentang peningkatan mutu dan kualitas pendidikan kita Sumut,” terang Khairil.

Adapun nama-nama anggota Tim LPMP yang dilantik yaitu Dr Ridwan Sani MSi sebagai Wakil Ketua tim, Drs Mahdi Ibrahim MM sebagai Sekretaris, Wardayani SE MSi sebagai Wakil Sekretaris, Drs Arsyad Lubis MM sebagai Ketua Pokja Fasilitas dengan anggota Ir Zoni Waldy MSi, Dr Drs Abdul Rahim MHum, Dr Oky Ferdian Gafari MHum, Dra Mei Yani Simatupang SST Mkes. Berikutnya, Prof Silvina Sinar MA PhD sebagai Ketua Pokja Pemetaan Mutu dengan anggota  Prof Tan Kamelo SH MHum, Ngajudin Nugroho SS MM, August Sinaga SPd SST MSi, Drs Syahdian MPd, Dr Chrimis Novalinda Ginting Mkes, Dr Renny Maisarah SE MSi, dan Drs Hendra Fauza MPd.(*)

 

(Humas Provsu)-(Riva)