Artikel

20AGT2014

Gubsu Lepas Kafilah Sumut ke MTQN Korpri di Aceh

Medan, 18/8 - Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi, Senin (18/8) pagi di Gubernuran melepas keberangkatan kafilah Sumut yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Korpri tingkat Nasional II di Banda Aceh 19 hingga 24 Agustus 2014.

Kepada Kafilah Sumut untuk MTQ Korpri tingkat Nasional II didampingi Ketua DPD Korpri Sumut Drs H Nurdin Lubis SH MM yang juga Sekdaprovsu, Sekretaris DPD Korpri Sumut Hj Nurlela SH MSi serta Kepala Biro Binhukkesos Pemprovsu Drs H Muhammad Yusuf MM, Gubsu berpesan agar kafilah menjaga nama baik Sumut dan berjuang mempertahankan predikat juara umum.

Sebelumnya Gubsu juga menjanjikan hadiah Umroh bagi Qori dan Qoriah asal Sumut yang berhasil Juara I pada setiap cabang yang diikuti di Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Korpri Nasional II.

Provinsi Sumut mengutus 9 Qori dan Qoriah yang merupakan hasil seleksi pada tanggal 19 hingga 21 Juni 2014 di Hotel Madani Medan. Cabang Musyabaqah Tilawah Qur’an yang diperlombakan adalah Cabang Tilawah Putra dan Putri, Cabang Tartil Qur’an Putra dan Putri, Cabang Hifzil Qur’an (5 Juz Putra dan 1 Juz Putri), Cabang Syarh Al-Qur’an (Pidato) Putri (Dai’ah) dan Cabang Khath (Kaligrafi) Putra dan Putri.

Sementara itu diperoleh laporan ketika kafilah Sumut yang merupakan juara umum pada MTQN Korpri I di Makasar Tahun 2012 lalu ketika tiba di Banda Aceh mendapat sambutan meriah oleh Pemprov maupun masyarakat setempat.

Lebih lanjut kepada Kafilah Sumut yang didampingi Pembina Prof DR HM Hatta MA yang juga Ketua MUI Medan dan pembina lainnya Gubsu berharap melalui MTQ kata Gubsu Al Quran semakin menjadi inspirasi seluruh jajaran pegawai karena Al Quran adalah Wahyu Ilahi yang bisa diimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan  selanjutnya menjadi berkah dunia dan menjadi berkah akhirat.

"Maka kalau pegawai menjadikan Al Quran sebagai isnpirasi sumber motivasi maka pasti lingkungan kerja akan menjadi berkah dan keberkahan itu akan menjadi perubahan yang baik di lingkungan pegawai itu sendiri dan akan meluas di masyarakat," ujar Gubsu.

Qori dan Qoriah asal Sumut yakni Adnan Haris S.Ag Cabang Tartil Al-Qur’an Golongan Putra asal Kabupaten Batubara, Hj Latifah Sudarmi Cabang Tartil Al-Qur’an Golongan Putri asal Kabupaten Toba Samosir, H Sofyan Siagian S.Ag Cabang Tilawah Al-Qur’an Golongan Putra asal Kabupaten Toba Samosir.

Mardiah, S.Pd Cabang Tilawah Al-Qur’an Golongan Putri asal Kabupaten Deli Serdang, Ahmad Jamil Nasution, S.Pd, M.Pd Cabang Hifzh Al-Qur’an 5 Juz Golongan Putra asal Kabupaten Langkat, Hj Masmidar, S.Pdi Cabang Hifzh Al-Qur’an 1 Juz Golongan Putri asal Kabupaten Langkat.

Ramadhaniar S.Pdi Cabang Syarh Al-Qur’an (Pidato) Golongan Putri asal Kabupaten Langkat, Ismar Rosidi, S.IP Cabang Khath Al-Qur’an Golongan Putra Kabupaten asal Sibolga dan Khairidah, SE Cabang Khath Al-Qur’an Golongan Putri asal Binjai.

Nurdin Lubis mengemukakan pelaksanaan MTQ KORPRI Tingkat Nasional dilaksanakan 2 Tahun sekali merupakan Program Umum Dewan Pengurus Nasional KORPRI sebagai Pembinaan Mental dan Rohani sekaligus untuk meningkatkan ketaqwaan, seni menghafal dan membaca Al-Qur’an bagi PNS Anggota KORPRI seluruh Indonesia.

Kafilah KORPRI Provinsi Sumatera Utara akan diberangkatkan ke Banda Aceh pada tanggal 18 Agustus 2014 (pagi) dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pengurus KORPRI Provsu dan Rombongan sekaligus membawa Piala Juara Umum yang akan diserahkan kepada Panitia Nasional tanggal 18 Agustus malam dalam acara Taaruf dan Pelantikan Dewan Hakim dengan diawali jamuan makan malam bersama di Meuligo Gubernur Aceh.

Acara Pembukaan MTQ KORPRI Tk. Nasional II Tahun 2014 pada Selasa/Tanggal 19 Agustus 201 Pukul 20.30 Wib di Masjid Baitul Rahman Banda Aceh dan Acara Penutupan Minggu/24 Agustus 2014 Pukul 08.30 Wib di Hotel Rasamala Jalan Teuku Umar No. 257 Setui Banda Aceh.

"Kalau tahun lalu kita hanya lima qori. Sekarang dengan 9 qori dan kalau tahun lalu dengan persiapan yang tidak sematang sekarang. Maka tahun ini dengan persiapan yang matang dan dengan jumlah persiapan yang lebih banyak semoga dan harapannya bisa mempertahankan prestasi," ujar Gubsu.

(Humas Pemprovsu)-(Er)