Artikel

28AGT2014

Gubsu Terima Sespimti Polri Unik, Sumut Dua Tahun Terakhir Jadi Lokasi Kuliah Kerja

Medan, 26/8 - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi memberi apresiasi kepada Sekolah Staf Pimpinan Tinggi (Sespimti) Kepolisian Republik Indonesia yang menjadikan Sumut dua tahun berturut-turut sebagai lokasi dari Kegiatan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN).

Hal itu disampaikan Gubsu saat menerima rombongan Sespimti Polri Dikreg ke-23 Tahun Ajaran 2014 di Ruang Kerja Gubsu, Selasa (26/8). Rombongan dipimpin oleh Irjen Pol Sadar Sebayang dengan membawa 11 orang peserta yang berpangkat Kombes Pol untuk persiapan sebagai pimpinan di jajaran Kepolisian RI mendatang.

Sementara itu, Gubsu didampingi oleh Asisten Pemerintahan Umum Hasiholan Silaen, Kepala Badan Kesbangpolinmas Eddy Sofian, Kepala Dinas Pertambangan danEnergi dan unsur Dinas Kominfo serta Dinas Tenaga Kerja Provsu.

Sadar Sebayang menjelaskan kepada Gubsu, pemilihan Sumut sebagai lokasi sekolah lapangan adalah didasari alas an keunikan dan dinamika daerah yang tinggi. “Sumatera Utara dengan keunikan dan dinamika yang tinggi tersebut mampu mengelola kebhinekaannya sehingga situasi Sumut aman dan kondusif,” ujar Sebayang. Menurutnya Sumut termasuk berhasil mengelola keberagaman dengan berbagai potensi-potensi konflik yang ada namun dapat terus melesat maju berkembang sebagai kawasan yang strategis di tanah air.

Dalam pertemunan tersebut para peserta banyak menggali best practice kerjasama pemerintah dan kepolisian dalam memajukan dan menjaga kondusifitas daerah. Gubsu menjawab pertanyaan para peserta setelah menjelaskan tentang situasi terkini pembangunan Sumut, potensi daerah dan target pembangunan ke depan diantaranya ditetapkannya SUmut sebagai pusat pertumbuhan ekonomi wilayah Barat Indonesia .

“Secara geografis dan geopolitics Sumut sangat strategis sehingga ke depannya wilayah ini akan berkembang pesat dengan dijadikannya sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia,” kata Gubsu. Diantaranya, Sumut termasuk dalam program nasional yaitu sebagai salah satu koridor dalam Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), Sebagai salah satu kawasan Strategis Nasional yaitu Kawasan Danau Toba dan Kota Metropolitan Baru yaitu kawasan Mebidangro (Medan- Binjai-Daliserdang dan Karo).

Gubsu kemudian mengungkapkan harapannya agar hasil dari kajian para peserta Sespimpti tahun 2014 ini dapat menjadi rumusan untuk dapat diterapkan jajaran Pemprov Sumatera Utara. Sespimpti angkatan 23 ini akan berada di Sumut hingga Jumat (29/8) yang juga akan mengunjungi Kodam I/BB, Polda Sumut dan Kejaksaan Tinggi Sumut.

(Humas Pemprovsu)-(Er)