Artikel

08AGT2024

Hadiri Pembukaan Munas BKPRMI XIV, Fatoni Ajak Pemuda Remaja Masjid Dukung dan Sukseskan PON XXI

MEDAN, 8/8 - Penjabat (Pj) Gubenur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengajak para pemuda remaja masjid turut mendukung dan menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Hal itu disampaikannya pada pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) XIV di Hotel Shantika, Medan, Sumut, Kamis (8/8/2024). 

 

“Kami mohon dukungan dan bantuan penyelenggaraan PON di Sumut, agar PON ini berjalan lancar dan sukses, sukses pretasi dan sukses pelaksanaan,” kata Fatoni.

 

Sebagaimana diketahui, Provinsi Sumut pernah menjadi tuan rumah PON pada tahun 1953. Fatoni mengatakan menjadi tuan rumah merupakan kesempatan yang sangat langka.

 

 

“Bisa bisa 80 tahun lagi kita baru bisa kembali menyaksikan PON di Sumut, maka untuk itu kami bertekad menyukseskan PON di Sumut, dan semoga bisa menjadi PON yang dikenang baik dari tamu-tamu yang datang,” ujar Fatoni.

 

Kesuksesan PON pastinya akan mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas. Dipastikan perekonomian akan bergerak, pariwisata hingga produk budaya, seperti wastra pun akan disasar para atlet maupun tamu yang datang ke Sumut.

 

“PON ini akan meningkatkan perekonomian rakyat, UMKM meningkat, kulinernya juga, ini yang sama sama kita harapkan,” ucap Fatoni.

 

Melalui kesempatan ini, Fatoni juga mengajak BKPRMI untuk terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut bersama-sama memajukan Sumut. Menurutnya, dalam membangun daerah diperlukan sinergi dari seluruh pihak termasuk unsur masyarakat seperti BKPRMI.

 

“Kami juga mengharapkan sinergi yang telah terjaga selama ini dari BKPRMI, untuk bersama-sama membangun daerah, membangun daerah ini tidak bisa sendiri-sendiri,” kata Fatoni.

 

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto mengatakan pemuda dan remaja masjid sangat penting dalam menentukan kemakmuran masjid. Mengingat masjid memiliki peran untuk kepentingan umat dan bangsa.

 

“Masjid memiliki fungsi aktivitas sosial, masjid perekat kebersamaan untuk berbuat bagi kepentingan umat dan bangsa, oleh karena itu masjid harus dijaga keberlanjutannya,” kata Menko Polhukam. 

 

Hadir pada Munas BKPRMI XIV antara lain Ketua DPP BKPRMI Said Ali Idrus, Ketua Dewan Pembina DPP BKPRMI Syafrudin, Wakapolda Sumut Rony Samtana, serta para perwakilan BKPRMI seluruh Indoensia. Munas tersebut dirangkaikan dengan milad ke-47. Munas dibuka langsung oleh Menkopolhukam yang ditandai oleh pemukulan gong..*(H17/DISKOMINFO SUMUT)-(RV)