Artikel

17AGT2015

Hasban Terima Penghargaan Lencana Melati dari Jokowi

Medan, 16/8 - Presiden RI Joko Widodo menyerahkan penghargaan Lencana Melati kepada Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, H Hasban Ritonga SH. Penyerahan dilakukan pada acara Peringatan Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (16/8) sore.

Lencana Melati diberikan kepada Anggota Mabida Sumut Hasban Ritonga sebagai tanda penghargaan kepada anggota dewasa di dalam serta di luar Gerakan Pramuka yang dianggap memiliki jasa dan pengabdian yang luar biasa bagi kepentingan Gerakan Pramuka di wilayahnya. "Penghargaan tersebut diberikan karena kepedulian para mereka terhadap eksistensi Gerakan Pramuka di daerahnya," kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault di Jakarta, Minggu.

Penghargaan tersebut diberikan pada Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-54 yang diadakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta pada Minggu. Presiden Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka bertindak sebagai pembina upacara.

Hasban adalah satu diantara satu diantara 34 tokoh penerima penghargaan pada upacara tersebut. Selain Mabida Peduli, penghargaan lain yang diberikan adalah Lencana Melati, Lencana Darma Bakti, Lencana Wiratama, Lencana Pancawarsa Utama dan Lencana Teladan.

Menanggapi hal itu Hasban mengungkapkan rasa syukur nya atas penghargaan yang menurutnya juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi jajaran Pemerintah Provinsi dan jajaran Gerakan Pramuka di Sumatera Utara. "Semoga penghargaan ini menjadi pemicu dan pemacu bagi kami untuk memajukan gerakan Pramuka di Sumut," ujar Hasban.

Hasban mengungkapkan dirinya akan terus berupaya mendukung perkembangan Gerakan Pramauka. “Saya mengajak segenap pihak untuk bersama memajukan Gerakan Pramuka di Sumut agar semakin eksis dan berkembang sesuai amanat Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka,” imbuhnya.

Dalam kancah Nasional Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sumatera Utara termasuk yang terbesar setelah Jawa Timur dan Jawa Tengah dari sisi jumlah anggota dan jumlah kwartir cabang. Dalam waktu dekat Sumut akan menggelar Jambore Daerah yang diikuti 33 Kwarcab se sumut dengan jumlah peserta berkisar 5 ribu anggota.

(Humas Pemprovsu)-(Ernes)