Artikel

24JAN2023

HUT ke-57 Pertuni, Edy Rahmayadi Terus Berupaya Penuhi Hak Penyandang Disabilitas dan Fasilitasi Pelayanan Kesehatan

MEDAN, 24/1 - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan akan terus berupaya memenuhi hak-hak penyandang disabilitas. Salah satunya dengan mempersiapkan Peraturan Daerah (Perda) mengenai pemenuhan hak disabilitas di Sumut, yang saat ini sedang dikaji.



"Sedang dikaji oleh DPRD, ada beberapa yang harus ditambahkan, di sinkronisasikan karena Perda ini kan berhubungan dengan dana, ini yang dikaji, " kata Edy Rahmayadi pada Peringatan HUT ke-57 Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan, Selasa (24/1).



Selain Perda, Edy Rahmayadi  juga berjanji akan memfasilitasi pelayanan kesehatan para tunanetra. Hal itu disampaikannya langsung kepada kurag lebih 250-an tunanetra yang hadir pada HUT Pertuni itu. Bahkan Edy memberikan nomor kontak telepon Kepala Dinas Kesehatan Sumut dan Direktur Rumah Sakit Umum Haji.

 

 

"Jadi cukup mengontak Kadis Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit Haji nanti dijemput di rumahnya, " kata Edy.

 

Edy juga akan membantu para tunanetra tersebut mendaftar BPJS Kesehatan. "Tadi saya mengecek masih banyak yang belum punya BPJS," katanya.

 

Menurut Edy, yang dilakukannya tersebut, terutama memenuhi hak penyandang disabilitas merupakan tanggung jawab bersama. "Kita semua bertanggung jawab, membantu saudara-saudara kita yang pastinya serba kekurangan, ayo kita sama-sama bergandengan tangan," ujarnya.

 

Selain memotong kue ulang tahun, ada hal menarik lain pada perayaan ulang tahun tersebut. Edy menyanyikan dua lagu, pertama lagu Tuhan dari Bimbo dan lagu Setulus Hatimu Semurni Cintamu dari Arie Koesmiran.

 

Pada pertengahan lagu kedua, Edy pun terharu. Kemudian Edy mengajak dua orang tunanetra bernyanyi bersamanya.

 

Sementara itu, Ketua DPD Pertuni Sumut Syaiful Bakti Daulay mengapresiasi Gubernur Edy Rahmayadi berserta Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis atas bantuan dan dukungannya pada Pertuni Sumut selama ini. "Kami dukung Sumut bermartabat, jadilah kita orang-orang yang mempunyai karakteristik Sumut, kami terus berdoa untuk bapak, semoga sehat dan berhasil memperjuangkan Sumut ini dengan baik," katanya.**(H17/DISKOMINFO SUMUT)-(RV)