Artikel

27APR2012

KORPRI SUMUT GIATKAN SAFARI DONOR DARAH

Medan, 27/4 - Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), Sumatera Utara menggiatkan safari donor darah di kalangan pegawai negeri sipil, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kebersamaan dan rasa sosial.

Wakil Ketua I Dewan Pengurus Korpri Provinsi Sumatera Utara DR. Arsyad Lubis MM di Medan, Jumat mengatakan, safari donor darah tersebut dilakukan dan dilandasi rasa solidaritas, serta paya pemenuhan stok darah di daerah itu.

Safari donor darah tersebut dilakukan dengan dengan melibatkan sejumlah satuan perangkat daerah di jajaran pemerintah Provinsi Sumut dan dilaksanakan secara rutin setiap bulan secara bergilir.

"Kali ini donor darah kita pusatkan di Dinas Pertanian Sumut, dengan melibatkan beberapa instansi lainnya yang lokasinya berdekatan.Kenapa dilaksanakan pada hari Jumat, karena ini PNS ada kegiatan olahraga.Nah sehabis olahraga mereka langsung donor darah," katanya.

Didampingi Ketua Bidang Sosial dan Kemasyarakatan Korpri Sumut Drs. Simon Pramono, Arsyad lebih lanjut mengatakan, safari donor darah tersebut juga merupakan tindak lanjut dari MoU antara Korpri Sumut dengan PMI di daerah itu beberapa waktu lalu.

Sebagai salah satu bentuknya adalah dengan menggelar kegiatan donor darah secara rutin di setiap SKPD yang ada di jajaran Pemprov Sumut.Dengan demikian diharapkan kedepannya tidak ada lagi krisis darah di Sumut maupun daerah-daerah lainnya.

"Karena itu, kita berharap gerakan ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh elemen warga agar lebih rajin mendonorkan darahnya minimal tiga bulan sekali.Karena selain untuk meningkatkan rasa sosial, juga bermanfaat ganda bagi kesehatan si pendonor sendiri," katanya.

Sementara Sekretaris Dinas Pertanian Sumut Lukmanul Hakim dalam kesempatan yang sama mengatakan, mendonorkan darah adalah perbuatan yang mulia, karena darah yang disumbangkan tersebut dapat menyelematkan jiwa orang lain yang membutuhkan.

Untuk itu, kedepan pihaknya akan semakin menggiatkan aksi donor darah di jajaran Dinas Pertanian Sumut. Setiap kali aksi donor darah ditargetkan bisa didapat minimal 30 kantong darah.

"Gerakan terpadu dan terpola yang dicanangkan Korpri Sumut ini sangat berarti. Ini juga diharapkan akan mendorong animo seluruh elemen warga agar kedepannya lebih antusias lagi melakukan kegiatan donor darah," katanya.

(ANTARA)-(er)