Artikel

22SEP2014

LPTQ Butuh Sinergi dan Kerjasama Banyak Pihak

Pantai Cermin, 19/9 - Pemerintah adalah pilar terdepan dalam pembinaan dan pengembangan tilawatil Quran. Namun upaya meningkatkan pemahaman, pendalaman, dan penghayatan Alquran ditengah masyarkaat membutuhkan kerjasama dan sinergi banyak pihak.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho, ST, MSi melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara H Nurdin Lubis SH MM pada Acara Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPTQ Se-Sumatera Utara di Theme Park Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai pada hari Jumat malam (19/9).

"Pemerintah merupakan pilar terdepan dalam pembinaan dan Pengembangan Tilawatil Quran, namun perlu juga melibatkan peran masyarakat, dunia usaha dan organisasi masyarakat lainnya atau sinergitas, kemitraan dan kerjasama sehingga semua program yang telah dicanangkan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dapat terwujud sebagaimana yang diharapkan," ujarnya. Oleh karena itu dibutuhkan soliditas organisasi dengan menghadirkan struktur organisasi yang kuat dan handal yang mampu menjawab berbagai kebutuhan dan tantangan organisasi ke depan.

Gubsu mengharapkan melalui Rakerda ini perlu didiskusikan secara arif langkah-langkah strategis bagi peningkatan peran organisasi. Diantarnya dengan melakukan evaluasi dan penyegaran kepengurusan dengan merekrut Sumber Daya Manusia (SDM) potensial yang dapat mendorong percepatan pencapaian tujuan organisasi. Disamping itu, perlu terus melakukan evaluasi sesuai kegiatan masing-masing bidang yang ada sehingga ada upaya-upaya strategis untuk menentukan skala prioritas sesuai target yang dicanangkan.

Raker yang dilaksanakan LPTQ penting dalam mengevaluasi pelaksanaan kegiatan LPTQ Provsu maupun LPTQ kab/kota. Selain itu, rakerda dimanfaatkan sebagai upaya untuk melahirkan berbagai gagasan baru dan inovatif yang  bersinergi dengan kondisi dan situasi kekinian terutama dalam upaya meningkatkan pemahaman, pendalaman, dan penghayatan Alquran ditengah tengah masyarkaat.

Sebelumnya Ketua Panitia Drs H Palit Harahap MA mengatakan peserta Rapat berjumlah 100 orang terdiri dari utusan daerah se-Provinsi Sumatera Utara dan mengundang Narasumber dari LPTQ Pusat Drs H Mubaroq MSi.

Pada kesempatan tersebut Ketua Harian LPTQ A.A. Muin Isma Nasution mengatakan bahwa Kegiatan LPTQ ini tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan apabila tidak ada kerjasama dengan LPTQ dari kabupaten/ Kota, oleh karena itu diharapkan dapat meningkatkan kerjasama yang baik apalagi MTQ Tahun 2015 ke-35 diadakan di Kisaran.

Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Sumatera Utara Drs H Abd Rahim MHum mengatakan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang telah mengalokasikan dana sehingga Acara LPTQ berjalan dengan baik sehingga nantinya dapat menjadi pemahaman, pengamalan dalam hidup sehari-hari.

Pada Acara tersebut dihadiri Asisten Kesos Setdaprovsu H Zulkarnain SH, MSi, Kakanwil Agama Drs H Abd Rahim M.Hum, Staf Ahli Gubsu Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Kemiskinan Drs Asren Nasution MA, Kepala Biro Binsos Drs H M Yusuf MM, Ketua dan Pengurus LPTQ Provsu, Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.

(Humas Pemprovsu)-(Er)