Artikel

31JAN2016

Margiono Lantik Pengurus PWI Sumut, Plt Gubsu: Pemprovsu Siap Mendukung

Medan, 30/1 - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat H Margiono melantik Pengurus PWI Sumut masa bakti 2015-2020 dalam suatu prosesi upacara di Hotel Garuda Plaza Medan, Sabtu (30/1/2016) malam.

Hadir saat itu, Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provsu, pimpinan organisasi kemasyarakatan dan lembaga, sejumlah pimpinan media massa, tokoh masyarakat dan ulama, serta ratusan undangan lainnya.

Prosesi pelantikan ditandai pembacaan surat keputusan oleh Ketua Bidang Daerah PWI Pusat Atal S Depari, penyerahan pataka dari Ketua Umum PWI Pusat H Margiono kepada Ketua PWI Sumut masa bakti 2015-2020 H Hermansjah SE didampingi 54 unsur pengurus yang dilantik, serta penandatanganan berita acara.

Dalam sambutannya, Plt Gubsu Erry Nuradi menyampaikan apresiasi atas pelantikan yang mengusung tema "Menuju Wartawan Profesional Berkompeten" karena media memiliki peran strategis dalam menyukseskan pembangunan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat. "Karena itu, Pemprovsu akan selalu siap memberi dukungan untuk merealisasikan program kerja PWI Sumut,"kata Erry.

Menurut Erry, media menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan berdemokrasi dan media mewakili suara rakyat, serta memainkan fungsi strategisnya sebagai salah satu pusat informasi, sarana hiburan dan sarana mencerdaskan kehidupan bangsa.


Apresiasi PWI Sumut

Ketua Umum PWI Pusat H Margiono dalam pidato pelantikannya menyampaikan apresiasi dengan pengurus PWI Sumut yang menjalankan program organisasi dengan sangat baik. Bahkan di pusat sendiri, aku Margiono, orang Sumut yang memberikan warna terbaik dalam menjalankan program organisasi. “Orang Medan punya peran penting dalam memajukan pers nasional,” ungkapnya.

Sementara Ketua PWI Sumut H Hermansjah dalam sambutannya menyampaikan, kepengurusan pada periode 2015-2020 terpilih secara aklamasi. Diharapkan menjadi tekad kuat seluruh pengurus, wartawan dan stakeholder untuk kemajuan pers di Sumut khususnya dan skala nasional umumnya.

Hermasjah juga menyampaikan tekadnya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) wartawan, sehingga output yang dihasilkan menunjukkan profesionalitas dan dedikasi kerja yang baik. Untuk itu, lanjutnya PWI Sumut akan menjalin kerjasama dengan universitas dan perguruan tinggi dalam melaksanakan pelatihan keahlian, penguasaan teknologi informasi dan keterampilan lainnya.

Dalam melaksanakan prioritas penguatan SDM wartawan itu, jelasnya PWI Sumut juga akan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara periodik, karena lebih separuh dari wartawan di Sumut belum ikut UKW yang menjadi tuntutan Dewan Pers.

“PWI juga akan memprioritaskan program peningkatan kesejahteraan wartawan dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada. Peningkatan kualitas, kapabilitas dan kredibilitas SDM wartawan ini sangat penting karena kita akan masuk dalam era persaingan global yakni Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” katanya.

Komposisi kepengurusan PWI Sumut yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) PWI Pusat nomor 200-PGS/PP-PWI/2015 yakni Ketua H Hermansjah SE (Analisa), Wakil Ketua Bidang Organisasi Drs Khairul Muslim (Medan Pos), Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Wilfried B Sinaga SH (SIB).

Kemudian Wakil Ketua Bidang Pendidikan Rizal Rudi Surya SH (Analisa), Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Drs Eddy Syahputra Sormin MSi (Koran Medan), Wakil Ketua Bidang Program dan Kerjasama  Drs. H Agus Syafaruddin Lubis (Realitas). Sekretaris Edward Thahir S.Sos (Waspada), Wakil Sekretaris I Drs. Rifki Warisan (Medan Pos), Wakil Sekretaris II Jalaluddin (Mimbar Umum). Bendahara Zul Anwar Ali Marbun (Gebrak), dan Wakil Bendahara Hartati Rangkuti SPT (LPP RRI).

Seksi Organisasi dan Hubungan Daerah: Ketua Sugiatmo SAg MAg (Analisa), Anggota Feirizal Purba (Waspada) dan Ahmad Rivai Parinduri SAg (Realitas).

Seksi Pendidikan dan Latihan, Ketua Zulfi Azmi (Berita Sore), Anggota Dra Evalisa Siregar (LKBN Antara) dan Suasana Nikmat Ginting (Mimbar Umum).

Seksi Hukum dan HAM, Ketua Tuah Armadi (Medan Pos), Anggota Irianto SH (Orbit) dan Nurkarim Nehe (Waspada).

Seksi Pemerintahan, Politik dan Keamanan, Ketua Ir Zulfikar Tanjung (Mimbar Umum), Anggota Gusliadi Ritonga (Andalas) dan Imam Fauzi (LKBN Antara).

Seksi Wartawan Olahraga (SIWO), Ketua Sahat Rahmat Hamonangan Panggabean S.sos (Analisa), Wakil Ketua Johni Ramadhan Silalahi (Berita Sore), Sekretaris M Samsir (Medan Pos).

Seksi Sosial dan Pengabdian Masyarakat, Ketua Julia Nuraini Tarigan (Mimbar Umum), Anggota Eli Marlina (Medan Pos).

Seksi Pariwisata, Seni dan Budaya, Ketua H Mohammad Nurdin (Medan Pos), Anggota Idris Pasaribu (Analisa).

Seksi Ekonomi dan Kesejahteraan, Ketua Benni Pasaribu SE (Medan Bisnis), Anggota Risvande Lubis (Gebrak) dan Khairuddin Tanjung (Radio Sonya).

Seksi Media Elektronik, Ketua Drs Hembry Ginting (LPP RRI), Anggota Hj Tuty Daswisaptri SE (LPP TVRI) dan Henry Sianturi (MNC TV).

Seksi IT/Fotographer, Ketua Said Harahap S.Sos MIKom (Analisa), Anggota Dedy Mulia Purba (Sumut Pos).

Seksi Kerjasama Antar Lembaga, Ketua Muhammad Jul Ardi (Realitas), Anggota Chairul Anwar S.Sos (Medan Bisnis) dan Drs Maju Manalu (Medan Pos).

Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumut, Ketua H Sofyan Harahap S.sos (Waspada), Sekretaris H War Djamil SH (Analisa), Anggota H Baharuddin (Andalas), Nurhalim Tanjung MIKom (Medan Bisnis) dan Azrin Marydha (Matahari).

Sementara Penasihat terdiri dari, H Soffyan (Analisa), H Teruna Jasa Said (Waspada), HM Zaki Abdullah (Berita Sore), H Prabudi Said (Waspada), HA Ronny Simon (Gebrak), H Farianda Putra Sinik SE (Medan Pos), GM Immanuel Panggabean BBA (SIB), Drs Muhammad Syahrir (Realitas) dan Drs Simon Pramono (LKBN Antara).

(Humas Pemprovsu)-(Ernes)