Artikel

18AGT2015

Negara Sahabat: Sumut Beri Kontribusi Bagi Kemajuan Indonesia

Medan, 17/8 - Para perwakilan negara sahabat mengakui Pemerintah dan masyarakat Sumut ikut memberi kontribusi bagi kemajuan Indonesia. Hal itu diungkapkan Konsul Jenderal India di Medan Basir Ahmed saat memberikan sambutan pada acara Resepsi Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun RI ke-70 Tahun 2015 yang digelar di Rumah Dinas Gubsu Jalan Sudirman Medan, Senin (17/8).

Hadir pada resepsi sekaligus malam ramah tamah tersebut Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi beserta istri hj Evi Diana, Pangdam I BB Mayjen TNI Edi Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo, Sekda Provsu Hasban Ritonga, Kepala Kejaksaan Tinggi M Yusni, Ketua Pengadilan Tinggi, Dan Lantamal I Belawan, Dan Lanud Pangkosek Hanundnas III, Ketua TP PKK Sumut Hj Sutias Handayani. Selain itu hadir para perwakilan negara sahabat diantaranya Konsul Jenderal Jepang di Medan Hirofumi Morikawa, Konsul Singapura Mark Low, Wakil Konsul Amerika SerikatTamra H Greig , Konjen India Basir Ahmed, Wakil Konsul Malaysia Abd Latiff Samad, Konsul kehormatan Kerajaan Belanda Ony Hindra Kusuma dan Konsul Kehormatan German Dipl Ing Liliek Darmadi,MM.

Basir Ahmed mewakili konsul jenderal negara sahabat di Sumut mengatakan dalam usia ke70, Bangsa indonesia telah banyak melewati tantangan dan rintangan dari generasi ke generasi. " Peranan Indonesia di dunia jauh meningkat. Berbagai tantangan global, masalah internasional memerlukan peranan Indonesia," katanya.

Dia melanjutkan bahwa apa yang dicapai Indonesia saat ini juga tidak terlepas dari peranan dan kontribusi Sumut. "Keberhasilan pemilu tanpa hambatan berarti membuktikan dan menunjukkan kematangan masyarakat Sumut dalam berdemokrasi," ujarnya.

Kami, katanya, dari korp diplomatik berharap adanya kelanjutan hubungan baik dan kerjasama di berbagai bidang. Selain itu, terwujudnya saling memahami dan menghargai antara negara. "Kami ucapkan selamat, Dirgahayu Republik Indonesia," ujarnya menutup sambutan.

Sementara itu Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas dukungan masyarakat, pemerintah daerah, seluruh pihak termasuk negara sahabat atas pelaksanaan pembangunan di Sumut.

Dia mengingatkan masih ada ancaman yang membayangi masa kemerdekaan diantarahya distegrasi, radikalisme, terorisme, korupsi dan penyalahgunaan narkoba. Hal yang dapat menurunkan rasa nasionalisme tersebut dapat ditangkal dengan nilai-nilai Pancasila, UUd 1945, NKRI dan bhineka Tunggal Ika.

Melalui tema  Ayo Kerja kiranya mengingatkan kita, lanjutkan pembangunan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat dan meningkatkan kerjasama dengan seluruh bangsa.

Dikatakannya, pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang efektif berlaku 31 Desember diharapkan dapat menjadi tonggak kemakmuran bersama negara-negara ASEAN. "Pemprovsu terus berbenah dan bertekad menjadi daerah yang maju dan berdaya saing,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun RI oleh Plt Gubsu yang kemudian diberikan kepada Konjen India. Setelah makan malam, hadirin disuguhkan hiburan berupa tari-tarian etnis Sumut, music tradisional dan paduan suara Consolatio USU.

(Humas Pemprovsu)-(Ernes)