Artikel

19AGT2014

Pawai pembangunan Sambut Hari Kemerdekaan RI ke 69

Medan, 17/8 - Seperti tahun sebelumnya, pawai pembangunan yang diisi pawai jalan kaki dan pawai kendaraan hias dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung di depan kantor gubernur sumatera utara jalan Diponegoro, Minggu (17/8) berlangsung meriah. Ribuan wargaberduyun-duyun sejak pagi memadati Jalan P Diponegoro untuk menyaksikan agenda tahunan tersebut.

Pawai yang berlangsung sejak pukul 11.30 wib itu diramaikan oleh 55 lembaga masyarakat maupun dari instansi pemerintah. Seluruh suku yang ada di sumut baik suku asli maupun suku pendatang terlihat ikut meramaikan pawai jalan kaki dan pawai kendaraan hias. Mulai dari pakaian adat berbagai suku asli maupun pendatang yang ada di Sumut, sampai beragam kesenian daerah juga turut dalam pawai diantaranya reog dan barongsai.

Sebagian besar dinas di jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan ikut memeriahkan pawai seperti dinas Pendapatan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Pemuda dan Olahraga dan sebagainya. Demikian pula beberapa kecamatan di Medan dan Kabupaten/kota juga menampilkan kendaraan hias yang unik sebagai miniatur mereka.

Salah seorang warga Polonia Ani mengaku kalau setiap tahun tak pernah melewatkan kesemptan untuk melihat secara langsung pawai pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemprovsu bekerjasama dengan Pemerintah Kota Medan. "Kegiatan ini sangat menarik, setiap tahun saya selalu menonton secara langsung acara pawai kemerdekaan" ujar ibu yang datang bersama suami dan dua orang anaknya ini.

Hal yg sama juga di katakan oleh Ita warga Medan Helvetia. Ia mengaku setiap tahun menghadiri pawai pembangunan dengan membawa tiga anaknya. Menurut ita, acara pawai ini tidak hanya memberi hiburan tetapi juga memberikan pendidikan kepada anak anaknya yang masih duduk di sekolah tingkat dasar (SD). "Anak anak selalu saya bawa ke acara ini karena memberikan pendidikan dan hemat biaya cukup ongkos angkot saja" ujarnya.

Acara pawai kali ini juga di isi pasukan pengaman peringatan-hari kemerdekaan dari kepolisian dan dari TNI. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Sumut Ir H Tengku Erry Nurady MSi beserta unsur FKPD yaitu Kapolda Sumut Irjen Syarif Gunawan, Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari Subagio, Danlantamal I Belawan Kolonel Laut Pulung Prambudi, MSi, Pangkosek Hanudnas III Kolonel Pnb Supriharsanto, Kajatisu M Yusni, Dan Lanud Soewondo, Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S, Sekdaprovsu Nurdin Lubis, Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, pejabat eselon di lingkungan Pemprov Sumut dan tokoh masyarakat Sumut.

Pawai berlangsung hingga pukul 14.00, usai menyaksikan pawai pembangunan masyarakat yang memadati halaman Kantor Gubsu di Jalan P Diponegoro berupaya bersalaman dengam Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dan ibu Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho di dampingi Wakil Gubernur Sumut H Tengku Erry nuradi Msi. setelas puas bersalaman satu persatu warga membubarkan diri dengan tertib.

(Humas Pemprovsu)-(Er)