Artikel

19JUL2014

Pemkab Sergai Harapkan Akses Ke Bandara Kualanamu

Medan, 18/7 - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara berharap adanya akses infrastruktur jalan langsung dari Bandara Kualanamu Internasional ke objek wisata Pantai Cermin.

"Pantai Cermin adalah salah satu objek wisata di Sergei. Jadi dengan dibukanya akses jalan langsung dari Bandara Kualanamu tentunya akan berdampak pada meningkatnya jumlah pengunjung," kata Bupati Sergei Soekirman di Medan, Jumat.

Ia mengatakan setelah satu tahun beroperasinya bandara menjadi sebuah tantangan baru sekaligus merupakan kesempatan terhadap perekonomian dan industri pariwisata bagi Kabupaten Serdang.

Sebab Kecamatan Pantai Cermin yang merupakan wilayah kecamatan di Sergai dapat digunakan menjadi akses alternatif menuju Bandara Kualanamu, namun akses ini belum terbuka dan belum dipergunakan secara optimal oleh masyarakat umum.

Hal ini menjadi tantangan bagi Pemkab Sergai sebab jika akses jalan tersebut di buka akan memberikan kesempatan untuk memperkenalkan objek wisata bahari yang sangat banyak di wilayah kecamatan tersebut.

Menurut dia keberadaan bandara internasional tersebut secara signifikan telah memberikan pengaruh positif terhadap mobilitas dan pengembangan ekonomi wilayah yang berada dekat bandara.

Dampak bagi Kabupaten Sergai diantaranya penanaman investasi di bidang pariwisata bahari akan menjadi lebih cepat, selain itu juga memberikan efek berantai dengan tingginya hunian pada hotel-hotel, restaurant maupun pembelian souvernir dari daerah itu.

"Sementara jika ditinjau dari dampak budaya sosial dengan banyaknya pendatang yang masuk melalui jalur bandara, akan membawa tradisinya dan mempengaruhi lingkungan," katanya.

 

(Antara)-(DT)