Artikel

17JUN2024

Pemprov Sumut Kurban 158 Lembu dan 3 Kambing *Lembu Kurban Pj Gubernur Hassanudin Berbobot 1 Ton Lebih

MEDAN, 17/6 - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara  (Sumut) akan menyembelih hewan kurban sebanyak 158 lembu dan 3 ekor kambing, pada Iduladha 1445 H. Hewan tersebut merupakan kurban dari Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Sumut, yang disebarkan ke 33 kabupaten/kota.

 

"Pelaksanaan kurban diharapkan lancar. Dan Alhamdulillah, tahun ini bisa berkurban. Hewan kurban Pemprov Sumut tahun ini ada 158 ekor lembu, dan 3 ekor kambing. Hari ini saya berkurban, dan tadi saya sudah menyaksikan penyembelihan hewan kurbannya," kata Pj Gubernur Sumut Hassanudin, di Masjid Al-Jihad, Jalan Abdullah Lubis, Medan, Senin (17/6).

 

Hassanudin mengatakan, kurban adalah salah satu ibadah umat Islam bagi yang mampu. Ia memastikan bahwa hewan kurban di Sumut, bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hal ini karena setiap hewan kurban harus memenuhi syarat dan kualitas kesehatan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan.

 

 

"Sebelum pelaksanaan kurban, hewan-hewan tersebut sudah dicek kesehatannya. Ada syarat yang harus dipenuhi, jadi sudah dipastikan hewan-hewan kurban yang ada sehat dan berkualitas,” kata Hassanudin, yang didampingi Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Sumut Muhammad Armand Effendi Pohan.

 

Hari ini, lanjut Hassanudin, hewan kurban miliknya yang disembelih di Masjid Al-Jihad berupa seekor lembu jenis Limosin, yang beratnya lebih dari 1 ton. Hewan kurban itu, nantinya akan dibagikan kepada masyarakat sekitar, yang dilakukan oleh panitia kurban. Sementara seekor sapi Limosin dari Presiden RI Joko Widodo juga telah diserahkan kepada Masjid Perjuangan 45 di Jalan Prof HM Yamin SH.


 
Sementara Ketua Panitia Kurban Masjid Al-Jihad Wahyudi mengatakan, tahun ini ada 17 ekor lembu dan 50 ekor kambing kurban, yang akan disembelih. Dari jumlah itu, salah satunya adalah milik Pj Gubernur Sumut Hassanudin. 

 

"Kami usahakan hari ini selesai penyembelihan dengan melibatkan sekitar 100 orang. Nantinya akan kita distribusikan ke masyarakat sekitar masjid melalui kupon yang sudah disebar sebanyak 1.850 kupon," ucapnya. 

 

Penyembelihan hewan kurban milik Pj Gubernur Sumut mendapat antusias dari masyarakat setempat. Mereka datang membawa keluarga untuk melihat langsung penyembelihan hewan kurban milik orang nomor satu di Sumut.

 

Pj Gubernur Hassanudin pun terharu tatkala suara Takbir berkumandang, mengiringi penyembelihan lembu Limosin kurbannya yang berkulit cokelat tersebut. Sesekali, Pj Gubernur memalingkan wajahnya, tidak tega melihat Limosin berbobot gempal disembelih, dan Ia pun mengucap syukur kurbannnya terlaksana dengan lancar. **(H21/DISKOMINFOSUMUT)-(RV)