Artikel

01AGT2017

Pemprovsu Berharap Kerjasama Pendidikan dengan Malaysia Digalakkan

Medan, 1/8 - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Ir Ibnu S Hutomo, MM berharap kerjasama bidang pendidikan baik antara pemerintah maupun institusi pendidikan tinggi di Sumut dengan Malaysia dapat digalakkan ke depannya. Hal itu disampaikan Ibnu saat menerima menerima kunjungan rombongan perwakilan sejumlah perguruan tinggi di Malaysia yang dipimpin Conselor Education  Promotion dari Kedutaan Besar Malaysia, Dr Wan Rosmini Hassan di Kantor Gubernur, Senin (31/07).

Ibnu menyambut baik atas kunjungan yang dilakukan khususnya mengenai penjajakan kerjasama di bidang pendidikan. Hal tersebut menurutnya ajkan sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak, mengingat minat warga masing-masing belajar di perguruan tinggi cuku besar. “Tidak sedikit orang Malaysia yang belajar di Sumut. Demikian juga banyak warga Sumut yang menimba ilmu di negara Malaysia,” kata Ibnu.

Lebih jauh lagi, menurut Ibnu banyak bentuk kerjasama yang bisa dilakukan bila dikaitkan dengan penerapan pasar bebas ASEAN. “Kerjasama baik antara pemerintah maupun antara perguruan tinggi nantinya akan sangat bermanfaat dan dibutuhkan dalam menyikapi penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN,” kata Ibnu.

Sekdaprovsu didampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara Efendi Pohan dan Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan Setdaprovsu Utheh serta mewakili Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Saut Aritonang dan Mewakili Biro Sosial Hj Rosmidar.

Sementara itu Rosmini mengungkapkan, rombongan yang dibawanya ini  merupakan perwakilan 9 institusi  perguruan tinggi ternama di Malaysia.Kedatangan rombongan dalam rangka menjajaki kerjasama sekaligus mempromosikan perguruan tinggi di Malaysia, terutama yang fokus di bidang teknik dan kejuruan.

“Kita ingin mempromosikan 9 perguruan tinggi di Malaysia yang fokus di bidang teknik dan kejuruan.  Kota Medan merupakan kota ketiga yang kita kunjungi setelah Surabaya dan Makasar dalam roadshow  ini,” kata Rosmini.

Untuk mempromosikan perguruan tinggi tersebut, pihaknya menggelar talk show, termasuk menggelar simposium dan expo di Hotel Arya Duta, Selasa (01/08/2017). Expo melibatkan mahasiswa dan institusi pendidikan yang ada di Sumut. "Melalui expo ini, kita akan memaparkan dan menyampaikan informasi yang selengkap-lengkapnya mengenai perguruan tinggi yang ada di Malaysia, khusus menyangkut teknik dan kejuruan,” jelasnya.

Rosmini selanjutnya menambahkan, selain promosi, kedatangan mereka juga untuk membuka kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di Kota Medan dalam rangka memajukan pendidikan, termasuk  menawarkan pendidikan bagi karyawan maupun pegawai yang ingin menimba ilmu di Malaysia.

 

(Humas Provsu)-(Riva)