Artikel

07OKT2015

Pemprovsu Dukung Formi Ikut Ajang Fornas

Medan, 7/10 - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung keiukutsertaan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Provinsi Sumatera Utara dalam ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) III, yang berlangsung di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, pada 9-11 Oktober 2015.

Dukungan tersebut disampaikan Sekretaris Sekda Provinsi Sumut  Hasban Ritonga didampingi Asisten Kessos Provsu OK Zulkarnain, Kepala Biro Pembangunan Ibnu S Hutomo dan mewakili Kominfo Rosmidar saat menerima audiensi FORMI Provnsi SUmut di Ruang Kerja, Rabu (7/0). Hadir pengurus FORMI sekaligus tim official kontingen Sumut dalam Fornasi III di Bali yaitu Drs Ardiansyah Tanjung, Yunie Djamal Pilliang, Jamilah Aziz.
 
Pemerintah Provinsi Sumut, kata Sekda, mendukung pengembangan olahraga rekreasi dalam upaya mengkampanyekan gaya hidup sehat di tangah masyarakat. Keikutsertaan Sumatera Utara dalam agenda Fornas III diharapkan menjadi pemacu prestasi sekaligus mensosialisasikan olahraga rekreasi agar lebih diminati.

Sekda mengungkapkan harapannya Kontingen asal Sumatera Utara dapat mengikuti kegiatan Fornas III sebaik-baiknya dan membanggakan Sumatera Utara. "Kami harapkan tidak ada kendala berarti saat kontingen mengikuti berbagai kegiatan lomba di sana," ujar Sekda.

Panitia melaporkan keberangkatan tim kontingen SUmatera Utara yang akan mengikuti 8 cabang olah raga rekreasi yang dalam agenda nasional yang diselenggarakan setiap dua tahun tersebut. Adapun cabang olahraga yang diikuti adalah senam jantung sehat, senam lansia, senam ayo gerak Indonesia, senam aerobic, gobak sodor, terompah panjang, enggrang dan line dance.

Dikatakan Ardiansyah kontingan Fornas Sumut akan berangkat ke Bali pada Kamis (8/10) dengan total jumlah kontingen 37 orang terdiri dari atlet, official dan pelatih. "Kegiatan Fornas ini untuk menyemarakkan kegiatan olahraga rekreasi yang rutin diselenggarakan 2 tahun sekali, tujuannya agar lebih dikenal lebih luas oleh masyarakat," ujar Yunie. Kegiatan Fornas akan diikuti 34 provinsi dan juga melibatkan pihak negara asing. Kegiatan Fornas III tersebut bersifat kebersamaan yang dapat diikuti semua kalangan usia, sehingga diprediksi akan banyak diminati masyarakat luas.

Fornas mempertandingkan 34 cabang olahraga yang terbagi menjadi tiga kategori yakni olahraga kesehatan dan kebugaran sebanyak 10 cabang, yang melibatkan yayasan jantung sehat senam tera, senam PORPI dan Orhiba.Kemudian, untuk ketegori olahraga tradisi dan budaya sebanyak 13 cabang olahraga di antaranya hadang dagongan, pencak silat, tarik tambang, gateball, engrang, pencak silat budaya.

Selain itu, untuk ketegori olahraga petualangan dan tantangan terdapat 11 cabang olahraga, di antaranya BMX, sktebord stretsoccer, FAI, Pogti.Fornas 2015 juga diisi kegiatan gerak jalan santai yang menargetkan 30.000 peserta yang berlangsung pada 10 Oktober 2015 dengan menempuh jarak 5 kilogram.

(Humas Pemprovsu)-(Ernes)