Artikel

01JUN2023

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Edy Rahmayadi Ajak Masyarakat Senantiasa Aktualisasikan Pancasila Dalam Kehidupan

DELISERDANG, 1/6 - Pancasila merupakan nilai luhur yang dapat mempersatukan dan mempererat bangsa. Untuk itu, segenap masyarakat Indonesia, mestilah mengaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi usai memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Astaka, Jalan Williem Iskandar, Deliserdang, Kamis (1/6). "Sebagai nilai luhur, Pancasila perlu diaktualisasikan dalam tataran praktis yang lebih membumi,  sehingga dapat terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Aktualisasi Pancasila, menurutnya, juga diperlukan untuk memperkuat paham kebangsaan Indonesia, khususnya Sumut yang majemuk. Serta untuk memberikan jawaban atas pertanyaan ke mana arah peradaban bangsa di tengah zaman yang penuh tantangan.

 


 


“Momentum peringatan Hari Lahir Pancasila juga diharapkan dapat menjadi semangat pembaruan bagi setiap pribadi bangsa. Kebersamaan dan hidup dalam kerukunan perlu dirajut kembali,” kata Edy, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Nawal Lubis.
 
Edy juga mengajak seluruh masyarakat membangun jiwa semangat empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Upacara berjalan dengan khidmat. Edy yang pada kesempatan itu mengenakan pakaian teluk belanga kuning, membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam amanatnya itu, Joko Widodo menyampaikan pesan gotong-royong dalam momentum Hari Lahir Pancasila.

"Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini mari kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, mari kita berkomitmen bersama sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila, mari kita berkomitmen bersama sama menguatkan hati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan," kata Jokowi.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kepolisian Daerah Sumut RZ Panca Putra, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, OPD Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Sumut.  (H17/DISKOMINFO SUMUT)-(RV)