Artikel

28MAR2024

Pj Gubernur Apresiasi Pelaksanaan MTQ Lintas Instansi se-Sumut

MEDAN, 28/3 - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengapresiasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ASN, Non ASN dan Lintas lnstansi se-Sumut, yang diselenggarakan Perumda Tirtanadi Sumut bersama Ikatan Persaudaraan Qori/Qariah dan Hafiz/Hafizah (IPQAH) Sumut.

 

Karena, menurut Pj Gubernur, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan syiar Islam dan mendorong umat ISLAM untuk meningkatkan pengetahuan, memahami isi dan makna seni baca Alquran, serta mengimplementasikan  Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

 

" Saya sangat mendukung gagasan yang bagus kolaborasi Perumda Tirtanadi Sumut bersama IPQAH Sumut. Kedepan kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan di instansi lainnya" kata Pj Gubernur  Hassanudin, saat membuka secara resmi  MTQ ASN, Non ASN dan Lintas lnstansi se-Sumut, di Masjid Maul Hayah Kantor Pusat Perumda Tirtanadi Sumut, Jalan Sisingamangaraja Nomor 1 Medan, Kamis (28/3).

 

 

Pembukaan MTQ ini ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Pj Gubernur Hassanudin kepada personel TNI Serda Nugroho Abdi Siswoyo, personel Polri Bripda Muhammad Habib Nasution Alhafiz dan pegawai Perumda Tirtanadi Sumut Rahmad Lubis.

 

Pj Gubernur juga mengatakan, pelaksanaan MTQ sejatinya dapat meningkatkan jejak-jejak peradaban yang ditandai berubahnya pola pikir, kebiasaan, serta karakter dan pemikiran yang lebih maju.

 

"Majunya peradaban itu tidak terlepas dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), tidak saja secara akademik, namun harus diselaraskan dengan bekal ilmu agama," ujarnya.

 

Untuk itu, Pj Gubernur berharap MTQ ini bisa menumbuhkan spirit dan energi bagi seluruh lapisan masyarakat, untuk bisa mengamalkan pemahaman Alquran di semua sektor kehidupan. 

 

Kepada para peserta, Pj Gubernur juga berpesan, agar menjadikan momen pelaksanaan MTQ untuk meningkatkan pengetahuan dan mengamalkan apa yang ada di dalam Alquran, di tempat kerja masing-masing  sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT. Kepada para juara MTQ nantinya, Pj Gubernur juga memberikan hadiah tambahan umrah untuk pemenang terbaik.

 

Direktur Utama Perumda Tirtanadi Sumut Kabir Bedi mengatakan, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai 29 samapi 31 Maret 2024, memperebutkan total hadiah senilai Rp100 juta.  Tujuan pelaksanaan MTQ ini untuk menarik minat masyarakat, untuk mengembangkan kemampuan membaca Alquran dengan baik dan benar, sekaligus merupakan media dakwah dan siar keagamaan yang efektif.

 

"Insya Allah, event seperti ini akan menjadi rutinitas Perumda Tirtanadi, seperti i harapan Pak Pj Gubernur Sumut bisa terus berlanjut, tidak saja di Perumda Tirtanadi, tapi bisa dilaksanakan di instansi lain," katanya.

 

Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Persaudaraan Qori/Qariah dan Hafiz/Hafizah (IPQAH) Sumut Asren Nasution menyampaikan kegiatan ini diikuti sebanyak 135 peserta, terdiri atas  35 orang ASN, 55 Non ASN, BUMD/BUMN 25 orang, TNI 5 orang dan Polri 12 orang.

 

Asren berharap pelaksanaan MTQ lintas instansi se-Sumut ini menumbuhkan semangat para pegawai, baik ASN maupun non ASN, untuk cinta kepada Alquran dan mempelajari, serta bekerja sesuai dengan Tupoksi dan peran masing masing dengan baik, sesuai dengan nilai nilai yang terkandung didalam Alquran.

 

"Alhamdulillah, Bapak Pj Gubernur Sumut sangat mendukung dan memberikan apresiasi hadiah umrah kepada pememang tilawah dan tahfiz," ujarnya. 

 

Turut hadir Sekretaris Dewan Pengawas Perumda Tirtanadi Sumut Silmi, Sekretaris DPW IPWAH Sumut  Sudarso, Kepala OPD Pemprov Sumut, Dewan Direksi dan karyawan Perumda Tirtanadi.**(H20/DISKOMINFO SUMUT)-(RV)