Artikel

20SEP2015

Plt Gubsu Buka Temu Ilmiah Dokter Spesialis Radiologi

Medan, 19/9 - Plt Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menyambut baik pelaksanaan pendidikan kedokteran berkelanjutan Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Cabang Sumatera Utara yang digelar di hotel JW Marriot Medan, Sabtu (19/9).

Dalam sambutannya Erry mengatakan pendidikan ini bukan hanya tuntutan profesi tapi juga merupakan tanggungjawab dan kepedulian terhadap tuntutan perkembangan pelayanan kedokteran di tengah masyarakat. Apalagi menjadi pengetahuan bersama bahwa saat ini sebagian besar masyarakat Sumut lebih memilih pelayanan kesehatan di luar negeri seperti Malaysia dan Singapur. Saat ini menurut catatan yang ada setiap hari hampir seribu orang terbang melalui bandara kuala namu untuk pergi ke penang dan singapore dengan tujuan berobat.

Erry mengatakan sangat prihatin dengan situasi ini, sebab dokter dokter yang ada di Malaysia juga mengecap pendidikan kedokteran di USU lalu kenapa masyarakat sumut lebih percaya pada pelayanan kesehatan dari negara tetangga.
"Dulu mahasiswa asal Malaysia belajar kedokteran di USU dan sampai saat ini juga masih ada yg belajar di USU. Mungkin ada sesuatu yang salah kenapa masyarakat sumut khususnya warga Medan lebih suka ke Penang Malaysia, KL atau Singapura ,"ujarnya.

Erry menambahkan dengan pertemuan Ilmiah ini diharapkan ada ilmu baru yang bisa menambah kemampuan para dokter khususnya tentang radiologi. Tentunya selain peningkatan pelayanan yang baik, sumber daya dokter dan peralatan kedokteran juga sangat penting untuk selalu di tingkatkan sehingga rumah sakit kita mampu bersaing dengan rumah sakit yang ada di luar negeri.
"Melalui pendidikan kedokteran berkelanjutan saya berharap dokter dokter yang mengabdikan diri di provinsi sumatera utara memiliki kemampuan yang sejajar dengan dokter dokter asing dikawasan ASEAN bahkan lebih unggul, sehingga masyarakat sumut tidak lagi mencari pengobatan ke negara tetangga",tambahnya

Hadir dalam acara tersebut ketua umum PDSRI brigjen TNI ckm.dr.Terawan agus purwanto,Sp.Rad, Dekan FK USU prof.Dr.Gontar Siregar,SP.PD-KGEH, Dirut RSUP H Adam Malik DR.dr.Yusirwan dan Sponsor lecture.Mr.Sanjeev.

Sementara itu ketua panitia dr.Armen rangkuti,SP,Rad mengatakan pendidikan kedokteran berkelanjutan ini dilaksanakan oleh perhimpunan dokter spesialis radiologi Indonesia Pusat bekerjasama dengan perhimpunan dokter spesialis radiologi cabang sumatera utara dengan mengakat tema "update gastroenteropatologic and urogenital disorder". Acara tersebut di hadiri oleh seluruh dokter spesialis radiologi yang ada di sumatera utara, acara ini berlangsung 18 sampai 19 september 2015.

Selain seminar, update gastroenterohepatologic juga di isi dengan pameran peralatan radiologi terbaru.

(Humas Pemprovsu)-(Ernes)