Artikel

13SEP2015

Plt Gubsu Harapkan IAI Sumut Masukkan Budaya Lokal dalam Karya Arsitektur

Medan, 10/9 - Plt Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengharapkan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sumut dapat mendorong eksplorasi kekayaan seni dan budaya tradisional Sumatera Utara ke dalam bentuk karya arsitektur. Erry yakin kekayaan dan keunikan budaya Sumut bernilai bagi daya saing terutama menghadapi pasar bebas Asean.

Hal itu diungkapkan Erry Nuradi saat menerima audiensi Ikatan Arsitek Indonesia Sumatera Utara, Kamis (10/9) di ruang kerjanya Lt.9 Kantor Gubsu. Rombongan yang hadir diantaranya Ketua Kehormatan Ikatan Arsitek Indonesia Sumatera Utara Tavip Kurniadi Mustafa, Wakil Ketua II Pengurus Daerah Ikatan Arsitek Indonesia Sumut Akhmad Aryanto, Ketua Panitia Munas Daerah Sumut Boy Brahmawanta, Bendahara Umum Leo Prima Putra, Wakil Ketua Panitia Munas Taufik Mustafa. Sedangkan Plt Gubsu didampingi Ka Balitbang Provsu Ir Alwin Sitorus dan Pejabat Eselon III Dinas Tarukim Provsu Bongsu.

Erry mengharapkan lebih banyak lagi bangunan-bangunan di Sumatera Utara yang menampilkan elemen dan keindahan ciri khas budaya daerah sehingga landmark di  kota-kota di Sumut tetap menonjolkan budaya. Plt Gubsu mengatakan, Sumatera Utara mempunyai banyak potensi termasuk dibidang budaya dan bangunan-bangunan peninggalan bersejarah dan rumah-rumah tradisional. "Kita cukup bangga bangunan-bangunan modern salah satunya bandara Kuala Namu sudah menampilkan ciri khas SUmut sehingga pantas menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara," kata Erry. Dia berharap lebih banyak lagi bangunan yang modern namun tetap menyerap kekayaan tradisi dan budaya khas delapan suku asli Sumut.
 
Dalam kesempatan itu Erry menyambut gembira pelaksanaan MUsyawarah Nasional (MUNAS) IAI ke XIV di Medan pada tanggal 17-20 September mendatang. Oleh karenanya Plt Gubsu mengharapkan momen Musyawarah Nasional yang akan dilaksanakan Ikatan Arsitek Indonesia Sumut dijadikan sebagai momen untuk memperkenalkan kembali bangunan-bangunan bersejarah, bangunan tradisional dan juga bangunan modern yang ada di Sumut. "Diharapkan momen ini dapat dijadikan bahwa Sumut punya banyak potensi khususnya budaya dan bangunan-bangunan bersejarah dan tradisional dan juga modern," sebut Plt Gubsu.

Pada pertemuan tersebut Plt Gubsu juga menghimbau kepada para arsitek yang ada di Sumut, selain lebih dapat memperkenalkan potensi Sumut juga menjaga nama baik Sumut sebagai tuan rumah penyelenggaraan even nasional. Plt Gubsu juga mendorong agar para arsitek bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama membuat kota-kota yang ada di Sumatera Utara menjadi lebih Indah sehingga masyarakat dapat hidup dengan nyaman. "Kita harus punya komitmen untuk membuat kota-kota yang ada di Sumut menjadi lebih indah dan nyaman." ajak Plt Gubsu.

Pimpinan rombongan Tavip Kurniadi Mustafa mengatakan bahwa Ikatan Arsitek Indonesia Sumut akan menjadi tuan rumah Musyarah Nasional (Munas) Ikatan Arsitek Indonesia. Kegiatan tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 19 September 2015 di Hotel Grand Aston Medan. Kegiatan tersebut akan dirangkaikan dengan berbagai acara salah satunya acara pameran arsitektur, lomba disain Lapangan Merdeka Medan.

Acara tersebut juga dirangkaikan dengan forum kota dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang hadir dibidang arsitektur, para arsitek ternama.

Pihaknya juga mengharapkan agar para pimpinan daerah kabupaten/kota yang ada di Sumut dapat hadir pada acara forum kota tersebut karena ide-ide dari pimpinan-pimpinan daerah tersebut bisa jadi masukan. "Para pemimpin tentunya punya ide-ide kreatif untuk membangun dan membuat kota di daerahnya terlihat lebih indah," ujarnya.

Para peserta yang akan hadir diperkirakan kurang lebih 400 peserta. Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan kegiatan-kegiatan lain seperti perlombaan menggambar untuk anak-anak. "Kami mengharapkan Bapak Plt Gubsu dapat membuka acara seminar nasional dimaksud dan dapat hadir pada acara sarasehan yang akan dilaksanakan di Medan Club," harapnya.

(Humas Pemprovsu)-(Ernes)