Artikel

07JUN2023

Pondok Tahfiz Tidak Dibongkar, Kadis Kominfo Sumut Minta Para Santri Jangan Terprovokasi

MEDAN, 7/6 - Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumatera Utara (Sumut) Ilyas S Sitorus mengimbau para santri Pondok Tahfiz Al Quran Darul Ibtihaj yang berdiri di Ujung Jalan Kemuning,  Desa Sampali, Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang agar tetap tenang dan tidak perlu risau. Karena tidak ada pembongkaran terhadap pondok tahfiz tersebut.

 

“Kita berharap para santri Tahfidz tersebut jangan terprovokasi atau termakan isu yang tidak benar. Sebab Pondok Tahfiz ini tidak akan ada pembongkaran,” ujar Ilyas Sitorus kepada wartawan, Rabu (7/6) malam.

 

Pernyataan ini disampaikan oleh Ilyas Sitorus yang juga Ketua Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) Sumut, setelah berkoordinasi dengan pihak PTPN II maupun pihak Satpol PP Kabupaten Deliserdang.

 

Ilyas mengaku dari sisi pembinaan kemasyarakatan yang merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi utama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut pihaknya merasa perlu meluruskan berbagai rumor yang beredar,  dimana dalam pembersihan areal HGU No 152 yang sedang berlangsung, diisukan ada pembongkaran Pondok Pesantren Tahfiz Alquran, padahal tidak benar.

 

Ilyas memaklumi akibat rumor tersebut sempat muncul indikasi reaksi dan para santri dan ini sama sekali tidak diinginkan. Padahal dari koordinasi dengan PTPN II, dinyatakan Pondok Pesantren dimaksud tidak dibongkar.

 

Karena itu, Ilyas mengajak para santri tetap tenang di pondok pesantren tersebut dan jangan terpancing melakukan reaksi yang bukan pada tempatnya, sehingga bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin mengambil kepentingan tertentu dengan memanfaatkan para santri.

 

“Keberadaan para santri ini strategis dan dapat menjadi bahan pembentukan opini sehingga para santri harus tetap berpikir dewasa, cerdas dan bijak, apalagi sudah dinyatakan oleh pihak PTPN II Pondok Pesantren tidak dibongkar,” ujar Ilyas Sitorus.**(DISKOMINFO SUMUT)-(RV)