Artikel

31MEI2023

Puncak Hari Kartini 2023, Edy Rahmayadi: Kartini Sekarang Harus Ikuti Zaman

MEDAN, 31/5 - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri perayaan puncak Hari Kartini 2023 Provinsi Sumut. Gubernur berharap, Hari Kartini dijadikan momentum bagi para Kartini atau perempuan saat ini, untuk lebih siap menjawab dan menyelesaikan berbagai persoalan zaman. 

 

Menurut Gubernur, RA Kartini menyadari dan memperjuangkan berbagai persoalan yang ada pada masanya. Karena itu, para perempuan sekarang pun harus demikian, berperan menyelesaikan berbagai persoalan saat ini.

 

"Jadi Ibu Kartini sekarang ini harus ikuti zaman, banyak sekali tuntutan zaman, ada inflasi, ada persoalan cuaca panas yang mengancam hingga beberapa waktu ke depan," kata Edy Rahmayadi, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (31/5). 

 

 

Dikatakannya, banyak hal yang bisa dilakukan gerakan perempuan. Misalnya menyelesaikan persoalan inflasi dengan gerakan penanaman tanaman pertanian. 

 

Edy percaya, banyak hal yang bisa dilakukan perempuan. Maka keterlibatan semua masyarakat tanpa kecuali sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan zaman. "Perempuan harus hebat, inilah Kartini, Kartini ini bisa menghadapi tuntutan zaman," ujar Edy. 

 

Selain itu, Edy juga mengingatkan kaum ibu untuk bersiap menghadapi bonus demografi yang akan dirasakan Indonesia di masa depan. Jangan sampai bonus demografi malah membebani negara. Maka peran ibu saat ini adalah mendidik anak sebaik-baiknya. "Kita bonus demografi. Harus kita siapkan ini dari sekarang," ucap Edy. 

 

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Nawal Lubis membacakan sejarah RA Kartini. Dikatakan Nawal, RA Kartini bercita-cita ingin melihat perempuan pribumi bisa menuntut ilmu serta persamaan hak. 

 

Banyak pergerakan yang terinspirasi dari pemikirannya. Selain itu, berkat Kartini pula berdiri beberapa sekolah yang diberi nama Sekoah Kartini. Setelah wafat, pemikiran Kartini yang ada pada surat korespondensi dengan temannya dijadikan buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Sumut Manna Wasalwa mengatakan, Pemprov Sumut telah mengadakan kegiatan Hari Kartini sejak 30 Mei 2023. Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan di antaranya menyerahkan tali asih pada masyarakat kurang mampu, memberikan layanan pap smear, temu ramah anak, pameran industri rumah dan lainnya. Diserahkan juga penghargaan pada perempuan yang berjasa di bidang kesehatan, pendidikan dan lingkungan hidup. **(H17/DISKOMINFO SUMUT)-(RV)