Artikel

16APR2014

Rencana Implementasi

Untuk mencapai visi, misi, dan tujuan TIK maka disusun roadmap (peta jalan) yang menjadi panduan rencana aksi implementasi e-Government Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Gambar Roadmap e-Government Pemerintah Provinsi Sumatera Utara

Rencana implementasi e-Government Provinsi Sumatera Utara secara umum disusun berdasarkan roadmap dan strategi e-government yang disusun dalam jangka waktu 5 tahun, sesuai Panduan Penyusunan Rencana Induk Pengembangan e-Government Lembaga.

 Tabel Rencana Implementasi Pengembangan TIK

Program

2013

2014

2015

2016

2017

Strategi 1: Membangun infrastruktur teknologi informasi yang mampu mengakomodasi kebutuhan dan permintaan yang berkembang untuk ekspansi di masa mendatang.

         

-     Menata ulang dan mengembangkan data center dengan kapasitas yang cukup untuk melayani kebutuhan.

         

-     Menggunakan data recovery center untuk mengantisipasi keadaan darurat bencana.

         

-     Menata ulang dan mengembangkan jaringan internal antar SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

         

-     Menyediakan koneksi internet secara terpusat melalui jaringan internal.

         

-     Mengimplementasikan standar keamanan sistem jaringan .

         

Strategi 2: Mengembangkan aplikasi mencakup seluruh urusan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi.

         

-    Membangun aplikasi-aplikasi yang telah diidentifikasi sesuai dengan Blueprint sistem aplikasi e-Government untuk pelayanan kepada masyarakat, dunia bisnis, dan lingkungan pemerintahan.

         

-    Menggunakan portal web sebagai pintu mendapatkan informasi umum pemerintahan dan akses terhadap aplikasi yang terkait layanan publik dan dunia bisnis.

         

Strategi 3: Mempersiapkan sumber daya manusia dalam berbagai keahlian teknologi informasi untuk menangani operasional sistem informasi/ teknologi informasi (SI/TI) di lingkungan Pemerintah Provinsi.

         

-    Menata ulang penempatan SDM di lingkungan Pemerintah Provinsi yang memiliki latar belakang pendidikan/pengalaman di bidang TI.

         

-    Perekrutan tenaga TI untuk mengisi kekurangan staf dengan kualifikasi yang belum dimiliki.

         

-    Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk staf TI dan non TI (pengguna).

         

-    Memfasilitasi pengembangan dan berbagi-pakai pengetahuan staf TI yang didukung oleh sistem Knowledge Management.

         

-    Mengembangkan budaya SI/TI di lingkungan organisasi Pemerintah Provinsi.

         

Strategi 4: Merancang dan mengimplementasikan tata kelola yang menjamin keberlangsungan operasional pelayanan SI/TI.

         

-    Menetapkan chief information officer (CIO) di lingkungan Pemerintah Provinsi.

         

-    Memastikan struktur organisasi yang tepat untuk menjamin pelayanan TI yang optimal.

         

-    Membentuk Dewan TIK Provinsi yang memberikan pertimbangan, dukungan, dan pengawasan serta menjadi mediator antar pemangku kepentingan.

         

-    Membuat kebijakan yang diperlukan untuk memastikan terselenggaranya pengimplementasian e-Government secara berkelanjutan.

         

-    Mengembangkan prosedur operasi standar (SOP) untuk semua aktifitas pelayanan TI pusat dan pelayanan unit kerja terkait TI.

         

-    Mengimplementasikan sistem keamanan infrastruktur jaringan dan aplikasi.

         

-    Melakukan audit TI secara berkala untuk menjamin seluruh sistem berjalan dengan baik.

       

 

 

 

Selain rencana umum implementasi TIK di atas, jadwal rencana pengembangan aplikasi TIK perlu disusun berdasarkan prioritas. Prioritas pengembangan didasarkan pada ketergantungan data dan nilai strategis aplikasi tersebut (yang termasuk kuadran Strategic pada McFarlan Strategic Grid). Nilai strategis aplikasi juga dihubungkan terhadap prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Rencana pengembangan aplikasi TIK Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terlihat pada Tabel berikut.

Tabel Rencana Pengembangan Aplikasi SI/TI

No.

Aplikasi

2013

2014

2015

2016

2017

    1         

SI Kependudukan

         

    2         

SI Pendidikan

         

    3         

E-Learning

         

    4         

Pusat Akses Informasi Publik

         

    5         

Sumut.net

         

    6         

SI Kesehatan

         

    7         

SI Kepegawaian

         

    8         

SI Akuntansi

         

    9         

Sumut Portal

         

  10        

SI Pengaduan Masyarakat

         

  11        

SI Administrasi Pemerintahan

         

  12        

m-Government

         

  13        

One Stop Business Solution

         

  14        

e-Market

         

  15        

e-Promotion

         

  16        

SI Pengelolaan Energi

         

  17        

SI Potensi Daerah

         

  18        

SI Industri dan Perdagangan

         

  19        

SI Perpajakan dan retribusi

         

  20        

SI Perijinan

         

  21        

SI UKM

         

  22        

Paket Solusi SI/TI UKM

         

  23        

E-procurement

         

  24        

SI Ketenagakerjaan

         

  25        

SI Pengelolaan dan monitoring proyek

         

  26        

SI Pengelolaan BUMD

         

  27        

SI Pariwisata

         

  28        

Virtual Tour

         

  29        

SI Tata Ruang dan Lingkungan Hidup

         

  30        

e-Healthcare

         

  31        

SI Pengelolaan Barang

         

  32        

SI Koordinasi

         

  33        

SI Pendidikan dan Pelatihan

         

  34        

SI Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan

         

  35        

SI Bussiness Intelligence/DSS

         

  36        

SI Peta Jalur Ekspor/Impor

         

  37        

SI Trade Exchange

         

  38        

SI Komunitas Masyarakat

         

  39        

SI Perencanaan Anggaran

         

  40        

SI Pengelolaan Pendapatan

         

  41        

SI Sarana Umum

         

  42        

SI Pembinaan Generasi Muda

         

 

Untuk mengukur keberhasilan hasil dari penerapan sistem-sistem diatas, diperlukan alat ukur berupa Key Performance Indicator (KPI) yang merupakan tolak ukur keberhasilan penerapan sistem-sistem tersebut untuk mencapai tujuannya, seperti yang diuraikan pada Tabel berikut.

Tabel Key Performance Indicator Penerapan Sistem

No.

Aplikasi

Key Performance Indicator

           1         

SI Kependudukan

-   Ketersediaan data kependudukan

-   Peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan

           2         

SI Pendidikan

-   Peningkatan jumlah dan penyebaran lokasi sekolah

-   Penurunan angka putus sekolah

-   Tersedianya sarana dan prasana sekolah yang berkualitas

-   Peningkatan pendidikan dan kualitas guru

           3         

E-Learning

-   Peningkatan kualitas lulusan

-   Peningkatan jumlah lulusan

           4         

Pusat Akses Informasi Publik

-   Tersedianya akses informasi yang mudah diakses oleh masyarakat seperti internet

           5         

Sumut.net

-   Peningkatan penggunaan e-mail oleh masyarakat

-   Kemudahan penyampaian pengumuman kepada masyarakat

           6         

SI Kesehatan

-   Letak Puskesmas dan Rumah Sakit tersebar berdasar konsentrasi penduduk

-   Kemudahan prosedur pelayanan kesehatan

-   Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan

           7         

e-Healthcare

-   Peningkatan kesehatan dan mutu hidup masyarakat

-   Peningkatan kesadaran, kemandirian dan perilaku hidup bersih dan sehat

-   Peningkatan pengetahuan tentang kesehatan sejak usia dini

           8         

SI Kepegawaian

-   Kemudahan pengelolaan data kepegawaian

-   Peningkatan motivasi, kualitas, dan prestasi kerja

           9         

SI Akuntansi

-   Kemudahan pengelolaan data keuangan

-   Peningkatan transparansi pengelolaan keuangan

-   Pengurangan kebocoran anggaran

-   Peningkatan kualitas laporan akuntansi

         10        

Sumut Portal

-   Peningkatan jumlah akses

-   Kemudahan mendapatkan informasi pelayanan publik

         11        

SI Pengaduan Masyarakat

-   Jumlah pengaduan masyarakat

-   Tindak lanjut terhadap pengaduan masyarakat

         12        

SI Administrasi Pemerintahan

-   Peningkatan efisiensi dan efektifitas kinerja aparat pemerintahan

-   Perubahan budaya kerja aparat pemerintahan

         13        

m-Government

-   Kemudahan akses informasi pelayanan publik

         14        

One Stop Business Solution

-   Kemudahan akses informasi pelayanan terhadap dunia bisnis

         15        

e-Market

-   Peningkatan transaksi perdagangan

         16        

e-Promotion

-   Peningkatan promosi produk unggulan

-   Peningkatan transaksi perdagangan

         17        

SI Pengelolaan Energi

-   Peningkatan efisiensi penggunaan energi

-   Ketersediaan energi yang cukup

         18        

SI Potensi Daerah

-   Peningkatan investasi ke daerah

         19        

SI Industri dan Perdagangan

-   Kemudahan pemantauan aktifitas industri dan perdagangan

-   Tersedianya infrastruktur pendukung industri dan perdagangan

         20        

SI Perpajakan dan retribusi

-   Peningkatan penerimaan pajak dan retribusi

         21        

SI Perijinan

-   Kemudahan pelayanan perijinan

-   Peningkatan jumlah pengurusan ijin

         22        

SI UKM

-   Peningkatan pendapatan UKM

-   Peningkatan jumlah produk unggulan

         23        

Paket Solusi SI/TI UKM

-   Pengingkatan kualitas manajemen UKM

         24        

E-procurement

-   Kemudahan proses pelelangan

-   Berkurangnya mark-up dalam proses pengadaan

         25        

SI Ketenagakerjaan

-   Berkurangnya angka pengangguran

-   Tersedianya tenaga kerja bagi organisasi yang membutuhkan

         26        

SI Pengelolaan dan monitoring proyek

-   Penigkatan kualitas hasil proyek

-   Berkurangnya jumlah proyek yang gagal

         27        

SI Pengelolaan BUMD

-   Peningkatan deviden BUMD

         28        

SI Pariwisata

-   Peningkatan jumlah wisatawan

         29        

Virtual Tour

-   Kemudahan informasi tempat wisata

         30        

SI Tata Ruang dan Lingkungan Hidup

-   Berkurangnya lingkungan kumuh

-   Peningkatan jumlah dan terpeliharanya ruang terbuka hijau

-   Tingkat kebersihan kota yang baik

-   Berkurangnya perusakan dan polusi lingkungan

         31        

SI Pengelolaan Barang

-   Terpeliharanya asset pemerintahan

         32        

SI Koordinasi

-   Terbentuknya sistem koordinasi yang baik

-   Peningkatan kualitas pembangunan secara umu

         33        

SI Pendidikan dan Pelatihan

-   Peningkatan kualitas aparat pemerintahan

         34        

SI Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan

-   Terciptanya rencana pembangunan yang tepat sasaran dan terintegrasi

         35        

SI Bussiness Intelligence/DSS

-   Tersedianya data pendukung untuk perencanaan/ pengambilan keputusan

         36        

SI Peta Jalur Ekspor/Impor

-   Peningkatan jumlah transaksi ekspor/impor

         37        

SI Trade Exchange

-   Peningkatan jumlah transaksi perdagangan

         38        

SI Komunitas Masyarakat

-   Terciptanya kerukunan masyarakat

-   Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan

         39        

SI Perencanaan Anggaran

-   Kemudahan penyusunan anggaran yang sesuai dengan perencanaan pembangunan

         40        

SI Pengelolaan Pendapatan

-   Terkelolanya pendapatan daerah dengan baik

-   Berkurangnya kebocoran pendapatan daerah

         41        

SI Sarana Umum

-   Terpeliharanya sarana umum yang ada

-   Peningkatan penggunaan sarana umum

         42        

SI Pembinaan Generasi Muda

-   Peningkatan peran generasi muda dalam pembangunan

-   Peningkatan aktivitas, prestasi, dan kualitas kepemudaan, olahraga, dan seni budaya