by
Untuk mencapai visi, misi, dan tujuan TIK maka disusun roadmap (peta jalan) yang menjadi panduan rencana aksi implementasi e-Government Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
Gambar Roadmap e-Government Pemerintah Provinsi Sumatera Utara
Rencana implementasi e-Government Provinsi Sumatera Utara secara umum disusun berdasarkan roadmap dan strategi e-government yang disusun dalam jangka waktu 5 tahun, sesuai Panduan Penyusunan Rencana Induk Pengembangan e-Government Lembaga.
Tabel Rencana Implementasi Pengembangan TIK
Program |
2013 |
2014 |
2015 |
2016 |
2017 |
Strategi 1: Membangun infrastruktur teknologi informasi yang mampu mengakomodasi kebutuhan dan permintaan yang berkembang untuk ekspansi di masa mendatang. |
|||||
- Menata ulang dan mengembangkan data center dengan kapasitas yang cukup untuk melayani kebutuhan. |
|||||
- Menggunakan data recovery center untuk mengantisipasi keadaan darurat bencana. |
|||||
- Menata ulang dan mengembangkan jaringan internal antar SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. |
|||||
- Menyediakan koneksi internet secara terpusat melalui jaringan internal. |
|||||
- Mengimplementasikan standar keamanan sistem jaringan . |
|||||
Strategi 2: Mengembangkan aplikasi mencakup seluruh urusan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi. |
|||||
- Membangun aplikasi-aplikasi yang telah diidentifikasi sesuai dengan Blueprint sistem aplikasi e-Government untuk pelayanan kepada masyarakat, dunia bisnis, dan lingkungan pemerintahan. |
|||||
- Menggunakan portal web sebagai pintu mendapatkan informasi umum pemerintahan dan akses terhadap aplikasi yang terkait layanan publik dan dunia bisnis. |
|||||
Strategi 3: Mempersiapkan sumber daya manusia dalam berbagai keahlian teknologi informasi untuk menangani operasional sistem informasi/ teknologi informasi (SI/TI) di lingkungan Pemerintah Provinsi. |
|||||
- Menata ulang penempatan SDM di lingkungan Pemerintah Provinsi yang memiliki latar belakang pendidikan/pengalaman di bidang TI. |
|||||
- Perekrutan tenaga TI untuk mengisi kekurangan staf dengan kualifikasi yang belum dimiliki. |
|||||
- Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk staf TI dan non TI (pengguna). |
|||||
- Memfasilitasi pengembangan dan berbagi-pakai pengetahuan staf TI yang didukung oleh sistem Knowledge Management. |
|||||
- Mengembangkan budaya SI/TI di lingkungan organisasi Pemerintah Provinsi. |
|||||
Strategi 4: Merancang dan mengimplementasikan tata kelola yang menjamin keberlangsungan operasional pelayanan SI/TI. |
|||||
- Menetapkan chief information officer (CIO) di lingkungan Pemerintah Provinsi. |
|||||
- Memastikan struktur organisasi yang tepat untuk menjamin pelayanan TI yang optimal. |
|||||
- Membentuk Dewan TIK Provinsi yang memberikan pertimbangan, dukungan, dan pengawasan serta menjadi mediator antar pemangku kepentingan. |
|||||
- Membuat kebijakan yang diperlukan untuk memastikan terselenggaranya pengimplementasian e-Government secara berkelanjutan. |
|||||
- Mengembangkan prosedur operasi standar (SOP) untuk semua aktifitas pelayanan TI pusat dan pelayanan unit kerja terkait TI. |
|||||
- Mengimplementasikan sistem keamanan infrastruktur jaringan dan aplikasi. |
|||||
- Melakukan audit TI secara berkala untuk menjamin seluruh sistem berjalan dengan baik. |
|
Selain rencana umum implementasi TIK di atas, jadwal rencana pengembangan aplikasi TIK perlu disusun berdasarkan prioritas. Prioritas pengembangan didasarkan pada ketergantungan data dan nilai strategis aplikasi tersebut (yang termasuk kuadran Strategic pada McFarlan Strategic Grid). Nilai strategis aplikasi juga dihubungkan terhadap prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Rencana pengembangan aplikasi TIK Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terlihat pada Tabel berikut.
Tabel Rencana Pengembangan Aplikasi SI/TI
No. |
Aplikasi |
2013 |
2014 |
2015 |
2016 |
2017 |
1 |
SI Kependudukan |
|||||
2 |
SI Pendidikan |
|||||
3 |
E-Learning |
|||||
4 |
Pusat Akses Informasi Publik |
|||||
5 |
Sumut.net |
|||||
6 |
SI Kesehatan |
|||||
7 |
SI Kepegawaian |
|||||
8 |
SI Akuntansi |
|||||
9 |
Sumut Portal |
|||||
10 |
SI Pengaduan Masyarakat |
|||||
11 |
SI Administrasi Pemerintahan |
|||||
12 |
m-Government |
|||||
13 |
One Stop Business Solution |
|||||
14 |
e-Market |
|||||
15 |
e-Promotion |
|||||
16 |
SI Pengelolaan Energi |
|||||
17 |
SI Potensi Daerah |
|||||
18 |
SI Industri dan Perdagangan |
|||||
19 |
SI Perpajakan dan retribusi |
|||||
20 |
SI Perijinan |
|||||
21 |
SI UKM |
|||||
22 |
Paket Solusi SI/TI UKM |
|||||
23 |
E-procurement |
|||||
24 |
SI Ketenagakerjaan |
|||||
25 |
SI Pengelolaan dan monitoring proyek |
|||||
26 |
SI Pengelolaan BUMD |
|||||
27 |
SI Pariwisata |
|||||
28 |
Virtual Tour |
|||||
29 |
SI Tata Ruang dan Lingkungan Hidup |
|||||
30 |
e-Healthcare |
|||||
31 |
SI Pengelolaan Barang |
|||||
32 |
SI Koordinasi |
|||||
33 |
SI Pendidikan dan Pelatihan |
|||||
34 |
SI Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan |
|||||
35 |
SI Bussiness Intelligence/DSS |
|||||
36 |
SI Peta Jalur Ekspor/Impor |
|||||
37 |
SI Trade Exchange |
|||||
38 |
SI Komunitas Masyarakat |
|||||
39 |
SI Perencanaan Anggaran |
|||||
40 |
SI Pengelolaan Pendapatan |
|||||
41 |
SI Sarana Umum |
|||||
42 |
SI Pembinaan Generasi Muda |
Untuk mengukur keberhasilan hasil dari penerapan sistem-sistem diatas, diperlukan alat ukur berupa Key Performance Indicator (KPI) yang merupakan tolak ukur keberhasilan penerapan sistem-sistem tersebut untuk mencapai tujuannya, seperti yang diuraikan pada Tabel berikut.
Tabel Key Performance Indicator Penerapan Sistem
No. |
Aplikasi |
Key Performance Indicator |
1 |
SI Kependudukan |
- Ketersediaan data kependudukan - Peningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan |
2 |
SI Pendidikan |
- Peningkatan jumlah dan penyebaran lokasi sekolah - Penurunan angka putus sekolah - Tersedianya sarana dan prasana sekolah yang berkualitas - Peningkatan pendidikan dan kualitas guru |
3 |
E-Learning |
- Peningkatan kualitas lulusan - Peningkatan jumlah lulusan |
4 |
Pusat Akses Informasi Publik |
- Tersedianya akses informasi yang mudah diakses oleh masyarakat seperti internet |
5 |
Sumut.net |
- Peningkatan penggunaan e-mail oleh masyarakat - Kemudahan penyampaian pengumuman kepada masyarakat |
6 |
SI Kesehatan |
- Letak Puskesmas dan Rumah Sakit tersebar berdasar konsentrasi penduduk - Kemudahan prosedur pelayanan kesehatan - Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan |
7 |
e-Healthcare |
- Peningkatan kesehatan dan mutu hidup masyarakat - Peningkatan kesadaran, kemandirian dan perilaku hidup bersih dan sehat - Peningkatan pengetahuan tentang kesehatan sejak usia dini |
8 |
SI Kepegawaian |
- Kemudahan pengelolaan data kepegawaian - Peningkatan motivasi, kualitas, dan prestasi kerja |
9 |
SI Akuntansi |
- Kemudahan pengelolaan data keuangan - Peningkatan transparansi pengelolaan keuangan - Pengurangan kebocoran anggaran - Peningkatan kualitas laporan akuntansi |
10 |
Sumut Portal |
- Peningkatan jumlah akses - Kemudahan mendapatkan informasi pelayanan publik |
11 |
SI Pengaduan Masyarakat |
- Jumlah pengaduan masyarakat - Tindak lanjut terhadap pengaduan masyarakat |
12 |
SI Administrasi Pemerintahan |
- Peningkatan efisiensi dan efektifitas kinerja aparat pemerintahan - Perubahan budaya kerja aparat pemerintahan |
13 |
m-Government |
- Kemudahan akses informasi pelayanan publik |
14 |
One Stop Business Solution |
- Kemudahan akses informasi pelayanan terhadap dunia bisnis |
15 |
e-Market |
- Peningkatan transaksi perdagangan |
16 |
e-Promotion |
- Peningkatan promosi produk unggulan - Peningkatan transaksi perdagangan |
17 |
SI Pengelolaan Energi |
- Peningkatan efisiensi penggunaan energi - Ketersediaan energi yang cukup |
18 |
SI Potensi Daerah |
- Peningkatan investasi ke daerah |
19 |
SI Industri dan Perdagangan |
- Kemudahan pemantauan aktifitas industri dan perdagangan - Tersedianya infrastruktur pendukung industri dan perdagangan |
20 |
SI Perpajakan dan retribusi |
- Peningkatan penerimaan pajak dan retribusi |
21 |
SI Perijinan |
- Kemudahan pelayanan perijinan - Peningkatan jumlah pengurusan ijin |
22 |
SI UKM |
- Peningkatan pendapatan UKM - Peningkatan jumlah produk unggulan |
23 |
Paket Solusi SI/TI UKM |
- Pengingkatan kualitas manajemen UKM |
24 |
E-procurement |
- Kemudahan proses pelelangan - Berkurangnya mark-up dalam proses pengadaan |
25 |
SI Ketenagakerjaan |
- Berkurangnya angka pengangguran - Tersedianya tenaga kerja bagi organisasi yang membutuhkan |
26 |
SI Pengelolaan dan monitoring proyek |
- Penigkatan kualitas hasil proyek - Berkurangnya jumlah proyek yang gagal |
27 |
SI Pengelolaan BUMD |
- Peningkatan deviden BUMD |
28 |
SI Pariwisata |
- Peningkatan jumlah wisatawan |
29 |
Virtual Tour |
- Kemudahan informasi tempat wisata |
30 |
SI Tata Ruang dan Lingkungan Hidup |
- Berkurangnya lingkungan kumuh - Peningkatan jumlah dan terpeliharanya ruang terbuka hijau - Tingkat kebersihan kota yang baik - Berkurangnya perusakan dan polusi lingkungan |
31 |
SI Pengelolaan Barang |
- Terpeliharanya asset pemerintahan |
32 |
SI Koordinasi |
- Terbentuknya sistem koordinasi yang baik - Peningkatan kualitas pembangunan secara umu |
33 |
SI Pendidikan dan Pelatihan |
- Peningkatan kualitas aparat pemerintahan |
34 |
SI Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan |
- Terciptanya rencana pembangunan yang tepat sasaran dan terintegrasi |
35 |
SI Bussiness Intelligence/DSS |
- Tersedianya data pendukung untuk perencanaan/ pengambilan keputusan |
36 |
SI Peta Jalur Ekspor/Impor |
- Peningkatan jumlah transaksi ekspor/impor |
37 |
SI Trade Exchange |
- Peningkatan jumlah transaksi perdagangan |
38 |
SI Komunitas Masyarakat |
- Terciptanya kerukunan masyarakat - Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan |
39 |
SI Perencanaan Anggaran |
- Kemudahan penyusunan anggaran yang sesuai dengan perencanaan pembangunan |
40 |
SI Pengelolaan Pendapatan |
- Terkelolanya pendapatan daerah dengan baik - Berkurangnya kebocoran pendapatan daerah |
41 |
SI Sarana Umum |
- Terpeliharanya sarana umum yang ada - Peningkatan penggunaan sarana umum |
42 |
SI Pembinaan Generasi Muda |
- Peningkatan peran generasi muda dalam pembangunan - Peningkatan aktivitas, prestasi, dan kualitas kepemudaan, olahraga, dan seni budaya |