Artikel

24SEP2022

Resmikan Masjid Jami Sabilillah, Edy Rahmayadi Berharap Bisa Memakmurkan Masyarakat Sekitarnya

DELISERDANG, 24/9 - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan Masjid Jami’ Sabilillah di Jalan Deli Tua, Desa Kutomulyo, Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deliserdang. Dia berharap masjid tersebut, selain menjadi tempat ibadah, juga bisa memakmurkan masyarakat  sekitarnya.

 

Menurut Edy Rahmayadi, itulah salah satu peran penting sebuah masjid hadir di tengah-tengah masyarakat, memberikan kemakmuran. Dia mencontohkan Masjid Nabawi yang memberikan kemakmuran bagi masyarakat sekitar hingga saat ini.

 

“Itulah salah satu tujuannya selain untuk salat, beribadah, dan tempat berkumpulnya masyarakat, masjid harus bisa memakmurkan masyarakat di sekitarnya,” kata Edy Rahmayadi, saat memberikan kata sambutan, Sabtu (24/9).

 

 

Salah satu syarat untuk memakmurkan masjid dan memakmurkan masyarakat sekitar, menurut Edy Rahmayadi, adalah keikhlasan pewakaf dan pengurus mengembangkan masjid tersebut. Ini menjadi poin penting, karena kepengurusan masjid sering menjadi sumber konflik, apalagi pewakaf yang tidak benar—benar ikhlas mewakafkannya.

 

“Dari situ mulainya, ikhlas, kalau pewakaf atau pengurusnya tidak ikhlas masjid itu tidak akan makmur, apalagi masyarakat di sekitarnya. Kita harus kembalikan fungsi masjid untuk itu,” kata Edy.

 

Sementara itu, pewakaf (wakif) Masjid Jami’ Sabilillah Awaluddin Pane mengatakan dia dan keluarganya berharap masjid yang dibangun bisa bermanfaat maksimal untuk masyarakat setempat. “Insya Allah, maksimal manfaatnya untuk kita semua yang ada di sekitar sini,” kata Awaluddin, yang membawa seluruh anggota keluarganya ke acara ini.

 

Masjid Jami’ Sabilillah berdiri megah di atas tanah seluas 1.700 meter persegi. Masjid ini terlihat menonjol di antara bangunan rumah di sekitarnya. Walau pembangunannya agak lambat, menurut   Awaluddin, masjid ini akhirnya rampung setelah gotong royong masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

 

“Februari 2021 mulai, agak lambat memang pembangunannya, tetapi karena bantuan semua pihak dan semangat masyarakat akhirnya sekarang bisa berdiri megah,” katanya.

 

Hadir pada peresmian masjid ini Buya Amiruddin, KH Zulfikar Hajar dan tokoh masyarakat Anhar Nasution. Hadir juga Muspika Biru-biru, tokoh masyarakat dan juga OPD terkait Pemprov Sumut. **(H15/DISKOMINFO SUMUT)-(RV)