Artikel

13AGT2024

Ribuan Green Volunteer Diberi Pembekalan PON XXI 2024 Aceh-Sumut

MEDAN, 13/8 - Ribuan green volunteer PON XXI 2024 Aceh-Sumut telah diberi pembekalan berupa bimbingan teknis yang diselenggarakan sejak 12-13 Agustus 2024. Pembekalan diberikan kepada laison officer (LO) dan work force (WF).  

 

“Ada 4.500 green volunteer yang saat ini diberi pembekalan berupa bimbingan teknis. Salah satunya adalah di bidang humas dan IT,” ujar Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumut, Harvina Zuhra, di Universitas Nommensen Medan, Selasa (13/8).

 

Untuk LO, kata Harvina sebagai pembicara, mereka bertugas sebagai jembatan penghubung berbagai pihak dan memastikan informasi yang mengalir. Sementara WF adalah berperan memastikan operasional pertandingan dan logistik berjalan tanpa ada hambatan.

 

Volunteer yang bertugas di bidang humas dan IT, nantinya akan ditempatkan pada media center PON XXI 2024 di wilayah Sumut. Mereka, kata Harvina, sebagai garda terdepan dalam penyampaian informasi, media center memiliki peran yang sangat krusial dalam sebuah event besar.

 

“Media center berfungsi sebagai tempat untuk menyebarluaskan informasi terbaru kepada seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai saluran komunikasi dengan cepat, tepat, akurat, mudan dan murah/ terjangkau. Kehadiran media center dalam sebuah event besar juga berperan penting dalam memerangi hoaks (informasi bohong), fake news (berita palsu), dan disinformasi serta krisis informasi,” terangnya.

 

Harvina mengatakan, untuk green volunteer akan ditempatkan di Media Center Satelit yang terletak di Sport Center Pancing dan di Komplek Dispora Sumut Media Center (Mixed Zone) di setiap venue. Ada dua volunteer di setiap media center yang bertugas nantinya. 

 

“Para volunteer di media center ini yang akan bertugas memberikan pelayanan kepada media di venue agar berjalan dengan baik,” ujarnya. 

 

Para volunteer di bidang humas dan IT itu berkewajiban berada di veneu terutama di media center untuk melayani tamu yang datang, juga wartawan dengan memberikan informasi terkait pertandingan di venue. 

 

“Misalnya menginformasikan jadwal pertandingan, hasil pertandingan, mengarahkan posisi wartawan, melayani akomodasi dan konsumsi di venue. Berkoordinasi dengan pihak-pihak yang akan menggelar konferensi pers dan melayani penyelenggaraan konferensi pers di media center, dan lainnya. Menjadi penghubung dengan Bidang Humas, Publikasi dan IT untuk mengatasi segala kendala yang terjadi di venue, berkoordinasi dengan tim panitia lain yang ada di venue, seperti penulis berita, fotografer juga videographer,” terangnya.

 

Para volunteer yang mengikuti bimbingan teknis itu terdiri dari berbagai latarbelakang. Mulai dari mahasiswa yang dari berbagai displin ilmu dan mereka yang baru lulus kuliah (fresh graduate). Para volunteer juga berasal dari berbagai daerah, mulai Kota Medan, Deliserdang, Lubuk Pakam, dan lainnya. 

 

“Kami sudah diberikan pembekalan sejak kemarin. Kamis juga sudah penempatan tugasnya sesuai dengan venue, apakah di Medan, Samosir, Deliserdang,” kata salah seorang volunteer lulusan USU. **(H21/DISKOMINFO SUMUT)-(RV)