Artikel

15JUL2014

Sebanyak 1.505 Guru Di Sumut Ikuti PPLG

Medan, 14/7 - Sebanyak 1.505 guru di Provinsi Sumatera Utara mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Gelombang I di Universitas Negeri Medan, 16 - 25 Juli 2014.

"Kegiatan PPLG tersebut merupakan kebijakan pemerintah dengan harapan bisa membantu masing-masing kabupaten/kota di seluruh Indonesia dalam mengimplementasikan kurikulum tahun 2013," kata Rektor Unimed, Prof Dr Ibnu Hajar di Medan, Senin.

Menurut dia, saat ini di seluruh Indonesia sedang menerapkan program pemerintah dalam pengimplementasikan secara serentak kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2014.

"Kurikulum pendidikan 2013 ini harus dapat terlaksana dengan baik dan sukses di Provinsi Sumut," ucap Ibnu Hajar.

Dia menyebutkan, dalam PPLG tersebut, guru-guru tersebut diberikan pemahaman yang lebih luas lagi mengenai kurikulum pendidikan 2013.

Bahkan, jelasnya, PPLG ini akan ditangani 179 dosen Unimed yang memiliki pengalaman dan jam terbang cukup tinggi.

Sebanyak 1.505 peserta PPLG berasal dari guru-guru Kabupaten Deli Serdang, Tanjung Balai, Serdang Bedagai, Karo, Tanjung Balai, Labuhan Batu Utara, Batubara, Binjai, dan Langkat.

"Guru mata pelajaran yang akan mengikuti PLPG tersebut adalah Mata Pelajaran Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Jasmani (Penjas) dan Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD)," kata Rektor Unimed.

Data yang diperoleh menyebutkan, jumlah kelas untuk PPLG Gelombang I Tahun 2014 diperkirakan 47 ruang, yang terdiri 40 kelas Guru Sekolah Dasar, 4 kelas Guru Penjas, 2 kelas Guru PAUD dan 1 kelas Guru Matematika.

Pelatihan ini diharapkan akan berdampak positif bagi proses pendidikan yang dilaksanakan guru di sekolah-sekolah dalam mengantarkan anak-anak bangsa berkarakter meraih cita-cita pendidikan nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya.

 

(Antara)-(DT)