Artikel

07JUN2014

SEBANYAK 46.708 GURU SD SUMUT IKUTI SERTIFIKASI

Medan, 6/6 - Sebanyak 46.708 guru sekolah dasar di Sumatera Utara mengikuti ujian sertifikasi pada 2014 untuk meningkatkan kualitas guru sekaligus murid di provinsi itu.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumut Bambang Winarji di Medan, Jumat, mengatakan dari 33 kabupaten/kota, guru SD yang mengikuti ujian sertifikasi paling banyak berasal dari Kota Medan sebanyak 5.213 orang.

Disusul Kabupaten Deliserdang 4.271 orang, Simalungun 3.007 orang dan Mandailing Natal 2.189 orang.

"Sertifikasi nantinya dibagi ke dalam empat angkatan masing-masing angkatan pertama berlangsung pada 9-13 Juni 2014 yang diikuti sebanyak 13.235 orang dan disusul yang lain," katanya saat beraudiensi dengan Sekda Pemprov Sumut H Nurdin Lubis.

Di luar empat angkatan, kata dia, LPMP Sumut juga menggelar gelombang khusus yang diikuti sebanyak 2.016 orang yang berasal dari Kabupaten Serdang bedagai.

"Sertifikasi diharapkan semakin meningkatkan kualitas guru dan tentunya murid," katanya.

Sekda Provinsi Sumut, H Nurdin Lubis menyebutkan, kualitas guru SD memang perlu mendapat perhatian serius mengingat sekolah itu merupakan dasar bagi anak didik.

"Dengan sertifikasi maka kompetensi guru di Sumut akan semakin bertambah bagus sehingga akan meningkatkan sumber daya manusia ke depannya," katanya.

Pemprov Sumut sendiri dewasa ini terus meningkatkan perhatian ke kualitas guru mulai dari PAUD, taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi dengan harapan bisa meningkatkan SDM yang lebih bagus di tengah persaingan yang semakin ketat.


(Antara)-(DT)