Artikel

09MEI2017

Sekdaprovsu Dorong Penyelesaian Persoalan Bidang Kearsipan

Medan, 9/5 - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Hasban Ritonga, SH mengatakan pentingnya bidang kearsipan sebagai penyimpanan dokumen sejarah bangsa. Karena itu, Sekda meminta berbagai persoalan kearsipan harus dapat diselesaikan demi penyelamatan dokumen sejarah bangsa.

Hal itu disampaikanya pada pembukaan rapat koordinasi pengembangab Kearsipan Kabupaten/ kota se Sumut, Senin (8/5) di Hotel Madani Medan.

Hadir pada pembukaan itu Kepala Dinas Perpustakaan, Arsip Dokumebtasi Provsu H Ferlin Nainggola  SH serta sejumlah peserta yang berasal dari Kabupaten/Kota se Sumut.

Menurutnya lembaga kearsipan juga diamanahkan dalam PP no 28 tahun 2012 , bahwa lembaga kearsipan mendapat peluang untuk meningkatkan produktivitas dalam penyelamatan arsip berdasarkan bidang tugas yang diemban.

"Apapun permasalahan arsip yang harus kita atasi secara bersama masih bersifat kompleks.Hal ini disebabkan bahwa pemahaman terhadap hubungan pembinaan kearsipab antara pemerintah pusat dan provinsi dengan daerah otonomi,"ujarnya.

Hasban mengatakan bidang kearsipan selayaknya mempertimbangkan berbagai kesiapan daerah baik dari aspek hukum, teknis, profesionalisme maupun ketersediaan dana.

Lebih lanjut Hasban juga mengatakan bahwa tak sedikit dukumen sejarah  Indonesia banyak ditemui di Belanda. "Sepertinya kita perlu melakukan studi banding ke Belanda untuk memperoleh arsip tentang sejarah negara kita,"ujarnya.

Pada kesempatan itu, Hasban kembali mengingatkan  betapa pentingnya peran bidang asrip untuk menyimpan segala berkas sejarah negara , yang nantinya berguna untuk generasi mendatang agar mengetahui sejarah .

(Humas Provsu)-(Riva)