Artikel

22SEP2015

Sekdaprovsu terima kunjungan Rombongan Lemhanas RI

Medan, 20/9 - Sekretaris Daerah Provsu Hasban Ritonga menerima kunjungan rombongan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), yang dipimpin langsung oleh Deputi Pengkajian Strategi Lemhanas RI, DR Djagal Wiseso, Senin (21/9), bertempat di ruang Kerja Sekdaprovsu Lt. 9 Kantor Gubsu. Kunjungan dimaksdkan untuk mengetahui sejauh mana optimalisasi kebijakan sistem manajemen maritim yang berkelanjutan di Sumut

Pada kesempatan itu Sekdaprovsu didampingi Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu Fitriyus, Plt Asisten Ekbang Hutomo, Kepala Bappeda Provsu Dr Arsyad Lubis, Kepala Kesbangpolinmas Provsu Drs H Eddy Syofian MAP.

Sedangkan rombongan yang dipimpin DR Djagal Wiseso datang bersama TA Pengkaji Bidang Wasantara Lemhanas Laksda TNI Karma Suta dan TA Pengkaji Bidang Wasantara Lemhanas Laksda TNI Siwi Sukma Adji dan anggota Tim lainnya.

Sekdaprovsu mengatakan maksud dan tujuan kunjungan tim Lemhanas sendiri adalah untuk melakukan focus discussion group (FGD) bersama pihak terkait, tentang optimalisasi kebijakan sistem manajemen maritim yang berkelanjutan, guna percepatan pembangunan dalam rangka ketahanan nasional.

Sekdaprovsu mengatakan bahwa Pemprovsu menyambut baik kunjungan tim untuk melakukan diskusi untuk membahas potensi kekayaan maritim di Sumut, seperti perikanan, terumbu karang, mangrove, rumput laut dan produk bioteknologi yang sangat menunjang pembangunan ekonomi Sumut dan Indonesia.

Ditambahkannya pemerintah Sumut sendiri melakukan beberapa langkah guna menunjang pembangunan maritim, yaitu reorientasi pembangunan yang berfokus pada kelautan, penyesuaian dana alokasi umum untuk pembangunan wilayah kepulauan dan perluasan kewenangan pengelolaan otonomi daerah dukungan dana alokasi. "Diharapkan dengan kunjungan ini optimalisai kemaritiman di Sumut dapat ditingkatkan," ujarnya.

Sementara, Deputi Pengkajian Strategi Lemhanas RI, DR Djagal Wiseso Marsono, sebagai ketua tim menyatakan terima kasih kepada Pemprov Sumut yang telah menerima tim untuk memperoleh informasi dan masukkan terkait kebijakan dalam pembangunan sistem manajemen maritim.

"Semoga informasi dan masukkan yang didapat nantinya akan bermanfaat guna percepatan pembangunan dalam rangka ketahanan nasional." kata Marsono.

(Humas Pemprovsu)-(Ernes)